by

Agung Firman Sampurna Akan Turun Gunung Di Pilkada Sumsel 2024. Golkar Targetkan Koalisi Linier Gubernur dan Bupati/Walikota

-Sumsel-383 views


RadarSumsel.com- PALEMBANG. Menjelang Pemilihan kepala daerah Gubernur Sumatera Selatan menggemparkan situasi Politik di Sumsel dengan munculnya Bakal Calon Gubernur Sumsel Dr. Agung Firman Sampurna, SE, MSi, CSFA, CfrA, CGCAE, QGIA atau akrab dipanggil (Mas) Agung adalah Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia periode 2019-2022. (12/04/2024)
Pria yang cukup dikenal di kalangan masyarakat Sumsel juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya (IKA Unsri) periode 2018-2022 menjadi kuda hitam yang sangat menentukan arah politik Pilkada Sumsel 2024, karena Agung juga bagian dari keluarga besar Partai Golkar anak dari Kahar Muzakir Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar.
Saat dikonfirmasi kepada Ketua Pemenangan Pemilu Sumsel 2 DPD Partai Golkar Sumatera Selatan Dr. Hilmin, SH.M.Pd membenarkan bahwa pihaknya akhir-akhir ini cukup intensif diskusi dengan Bapak Agung Firman Sampurna dalam membahas situasi dan kondisi daerah yang ada di Sumsel. Pemikiran beliau tentang konsep pembangunan di Sumsel sangat visioner bahkan banyak sekali gagasan perubahan dan pembaharuan untuk Sumsel yang lebih unggul bertaraf internasional.
“Secara eksplisit belum ada pernyataan langsung dari Mas Agung untuk menyatakan diri menjadi Calon Gubernur Sumsel 2024, namun dalam pandangan saya sosok Agung sangat dibutuhkan dalam situasi saat ini untuk turun gunung dan turun tangan membangun Sumsel ke depan, bukan tanpa alasan, prestasi, pengalaman dan jam terbang beliau sangat teruji di skala nasional maupun internasional”
Lebih lanjut Dr. Hilmin yang juga mantan Aktivis HMI Cab. Palembang itu mengatakan Golkar sangat welcome jika Mas Agung bersedia mengabdikan dirinya kepada rakyat Sumsel, Golkar Sumsel memang terlihat dari jenjang karir Agung menjadi Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di tahun 2012, menjadi Pimpinan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) III yang mengampu pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara pada lembaga-lembaga negara, aparatur pemerintah, kesejahteraan rakyat dan riset dan teknologi, sampai pada puncak karir menjadi Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia periode 2019-2022.
Pencapaian yg berbentuk penghargaan yang diterima oleh Agung diantaranya; Satya Lencana 20 Tahun, Mahaputra Nararya, Kartika Eka Paksi Utama (TNI-AD), Jalasena Utama (TNI-AL), Swabuana Pakcya (TNI-AU), ⁠Bhayangkara Utama (Polri), dan Anggota Komunitas Akademik Chandler Session on Integrity and Corruption, Blavatnik School of Government, University of Oxford. Lebih dari itu satu-satunya sipil dalam sejarah yg berhasil mendapatkan semua penghargaan tertinggi di TNI-Polri, secara internasional orang Indonesia pertama yang direkrut secara khusus oleh Universitas Oxford.
“Agung Firman Sampurna mencukupi syarat dalam kriteria Partai Golkar untuk diusung dan didukung menjadi Gubernur Sumsel 2024 dengan berasaskan Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tidak Tercelah dan beliau juga mengenal dan dikenal oleh masyarakat Sumsel. Tentu kalau Mas Agung bersedia menjadi Calon akan menguatkan Calon Bupati/Walikota yang didukung oleh Golkar di Sumsel” Ujar Hilmin
Lanjutnya Hilmin. Persoalan tata kelola keuangan negara dan keuangan daerah menjadi penentu keberhasilan arah pembangunan Sumsel yang lebih baik, dengan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan berbasis kepentingan rakyat, saat ini dari persoalan keuangan daerah masih banyak bermasalah dan perlu sinkronisasi dan harmonisasi lintas kementerian dan lembaga negara sehingga capaian pembangunan semakin tepat guna dan tepat sasaran yang berdasarkan prinsip penggunaan keuangan negara, sosok Agung sangat berpengalaman.
Kepala daerah itu bukan mengurusi persoalan teknis, tetapi lebih pada policy (kebijakan) untuk menentukan arah pembangunan yang terintegrasi lintas Organisasi Perangkat daerah (OPD) serta sinkronisasi dan harmonisasi dengan pemerintah pusat untuk pembangunan sesuai dengan aspirasi publik khusunya Gubernur agar dapat menghubungkan dan saling menguatkan kebijakan antar Kabupaten/Kota.
Lebih lanjut Dr, Hilmin yang juga Akademisi di Kampus Pascasarjana IAIQI Indralaya Golkar Sumsel menargetkan menjadi pemenangn Pilkada di Sumsel dengan membuat skema koalisi permanen dan linier dari Calon Gubernur-Wakil Gubernur sampai menjadi satu paket dengan Calon Bupati/Walikota se-Sumsel, maka gerakan pemenangan akan saling menguatkan antara Calon Bupati/Walikota dengan Calon Gubernur Sumsel.
Setelah diundang Bakal calon kepala daerah se-Sumsel di DPP Partai Golkar Sabtu 6 April 2024 Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memberikan arahan agar para bakal calon Kepala daerah untuk memulai melakukan sosialisasi dan turun ke masyarakat untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas citra diri karena partai Golkar akan terus melakukan evaluasi dan penilaian dari hasil survei. Begitupun juga untuk koalisi meneruskan dari Koalisi Indonesai Maju dari pusat sampai ke darah.
Golkar tidak meminta mahar dari calon kandidat Calon Kepala Daerah sehingga yang dimunculkan bagi Partai Golkar kandidat yang memiliki kualitas dan integritas serta memiliki magnet elektoral. Kami akan memberikan bakal calon kepala daerah yang terbaik untuk dipilih oleh rakyat Sumsel. Kami masih menunggu teknis lebih lanjut dari DPP tentang penjaringan dan pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah. Pungkas Hilmin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *