by

Hj. Eva Susanti Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara, Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila dari Rumah Tangga

-Politik-66 views

RadarSumsel.com-PALEMBANG. Anggota MPR RI/ DPD RI Hj. Eva Susanti,SE mengadakan sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara; Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Peserta sosialisasi dihadiri dari kalangan ibu-ibu rumah tangga, acara berlangsung dengan diskusi dan dialog yang disambut antusias oleh peserta. Kamis, 26 Mei 2022

Dalam dialognya. Eva Susanti menyampaikan bahwa peranan dan posisi kaum perempuan sangat penting dalam keluarga, kaum ibu-ibu yang akan memberikan warna dan corak kehidupan dalam rumah tangga. Oleh karena itulah. Perempuan harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang empat pilar; Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita mulai penerapan makna dan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di dalam rumah tangga dan lingkungan terdekat, tentang ketuhanan yang maha esa, kemanusian, persatuan, musyawarah dan penempatan nilai-nilai keadilan inilah nilai yang akan menuntut kita semua untuk berkehidupan yang aman, damai dan bahagia” Ujar Eva Susanti Anggota DPD RI Komite III

Lebih lanjut ia mengatakan. UUD 1945 merupakan konstitusi dalam berbangsa dan bernegara yang wajib ditaati dan dipedomani, kita memeng tidak wajib menghapal secara utuh tentang UUD 1945 namun paling tidak kita pernah membaca dan memahami kandungan isi utama. Untuk apa? Agar kita sebagai warga Negara memahami dan mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga Negara. Begitupun juga dengan kita mendiskusikan tentang UUD 1945 kita dapat mengetahui tugas dan fungsi pemerintah dan lembaga Negara sebagaimana amanah UUD 1945.

“Terkadang keseharian kita, terlalu sering menghujat dan mempermasalahkan tentang kondisi Negara, namun kita tidak punya dasar dan landasan dalam benpendapat atau bicara. Nah oleh karena itulah, setiap kali kita memperhatikan permasalahan yang timbul di republik Indonesia ini,  agar kita membaca dalam perspektif UUD 1945” Tegas Eva Susanti

UUD 1945 merupakan rujukan dalam melaksanakan sistem pemerintahan dalam pembangunan ekonomi, politik, pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan publik serta urusan pelayanan dasar warga Negara. Agar kita termasuk warga Negara yang cerdas maka partisipasi masyarakat terhadap Negara itu sangat diperlukan, namun kita terlebih dahulu wajib mengetahui dasar-dasar berbangsa dan bernegara yang termuat dalam UUD 1945.

Senator yang gemar membina UMKM itu mengatakan. Begitupun juga konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini telah menjadi konsep bernegara yang sudah final dan disepakati untuk kita rawat dan kita jaga keutuhan NKRI agar tidak dirusak oleh pemahaman yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Tugas kita semua mempertahankan dan merawat NKRI dari ancaman ideologi yang tidak Pancasilais.

Rumah tangga dan keluarga adalah pangkal utama dalam penanaman nilai-nilai ideologi Pancasila, terutama menerima perbedaan dalam beragama, suku, budaya, etnis keturunan (Bhinneka Tunggal Ika). Oleh karena itulah penting bagi ibu rumah tangga mengajarkan nilai-nilai tersebut terhadap anak-anak agar tumbuh dan berkembang menjadi warga Negara Indonesia yang benar-benar berkarakter, berjiwakan dan berperilaku yang baik. Ujar Yuk Eva dalam pemaparannya

Ahir dialog. Dari peserta yang hadir juga banyak membicarakan tentang UMKM yang butuh sentuhan dan peranan pemerintah dalam mengembangkan usahanya agar dapat berkembang dan meju serta memiliki daya saing.         

Sementara itu, Senator Eva Susanti menyambut baik atas keluhan dan aspirasi peserta untuk dijadikan bahan saran masukan bagi pemerintah agar dapat membuat kebijakan yang berpihak kepada sektor UMKM terutama permodalan dan pelatihan. Eva Juga turut membeli habis dari hasil produk olahan makanan tradisional UMKM yang dibawak langsung oleh peserta sosialisasi Empat Pilar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *