by

Resmikan Monumen Soekarno, Puan: Pembangunan di Pulau Jawa Harus Bisa Dirasakan Anak-anak Morotai

-Nasional-441 views

RadarSumsel, Maluku Utara – Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Monumen Soekarno di Kabupaten Morotai, Maluku Utara. Ia pun mengenang kehadiran sang kakek di era pemerintahan Presiden RI pertama itu.

Monumen Soekarno berada di kawasan pusat pendidikan dan olahraga, Morotai Study and Sport Center yang merupakan kolaborasi Kementerian PUPR dan Pemkab Pulau Morotai. Lokasinya berada di depan SDN Unggulan 1 Pulau Morotai.

Dalam peresmian, Puan didampingi Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti, Anggota Komisi I DPR RI Irine Yusiana Roba Putri dan Bupati Pulau Morotai Benny Laos.

“Di tahun 1957, Presiden Soekarno pernah datang ke Morotai untuk bertemu dengan rakyat di Morotai sekaligus meresmikan SMP Negeri Morotai,” kata Puan saat menyampaikan sambutan dalam Peresmian Monumen Soekarno di Morotai, Selasa (8/2/2022).

Cucu Bung Karno ini pun merasa bangga bisa melakukan napak tilas sejarah kakeknya. Puan berharap, Monumen Bung Karno bisa menjadi pengingat makna kehadiran sang proklamator kemerdekaan Indonesia di Pulau Morotai.

“Sekarang, 65 tahun kemudian, saya sebagai cucu Bung Karno datang ke Morotai untuk bertemu dengan rakyat di Morotai sekaligus meresmikan Monumen Soekarno di sini,” ucapnya.

Puan lalu mengulas arti kehadiran Soekarno ke salah satu pulau paling Utara di Indonesia tersebut. Salah satunya adalah penegasan Morotai sudah menjadi bagian dari Ibu Pertiwi sejak Indonesia merdeka.

“Dengan Bung Karno datang ke Morotai maka itu menegaskan komitmen kebangsaan bahwa Indonesia itu satu kesatuan. Bahwa Indonesia itu bukan hanya Jawa, bukan hanya Sumatera. Bahwa sejak awal kemerdekaan itu Morotai sudah bagian dari Indonesia,” kata Puan.

“Puan menilai komitmen kebangsaan itu yang perlu dijaga bersama dan diharapkan pembangunan di Morotai akan terus berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata puan

“Manfaat pembangunan yang didapat oleh anak-anak di Jawa, harus bisa dirasakan oleh anak-anak di Morotai,” tambahnya.

Puan menegaskan, anak-anak di Morotai harus mendapat kesempatan pendidikan dan gizi yang baik, sama halnya seperti yang dirasakan dengan anak-anak di Jawa.

Oleh karena itu, menurut dia, bersamaan dengan acara peresmian Monumen Soekarno tersebut juga dilaksanakan penyerahan Program Indonesia Pintar, vaksinasi untuk anak-anak, bantuan untuk UMKM, bibit tanaman, dan PAUD

Mantan Menko PMK tersebut lalu menitipkan pesan kepada masyarakat Morotai. Puan meminta agar Monumen Soekarno di Morotai selalu dijaga bersama-sama.

“Dijaga kebersihan monumennya dan diceritakan terus ke generasi muda tentang bagaimana dulu di tahun 1957 Presiden Soekarno datang ke Morotai untuk menegaskan kesatuan bangsa Indonesia. Apalagi monumen ini lokasinya di Morotai Study and Sport Center yang menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Morotai,” tutur Puan.

Puan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bergorong royong mewujudkan pembangunan Monumen Soekarno di Morotai. Termasuk tentu saja, berbagai elemen masyarakat.

“Maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan Monumen Soekarno di Morotai,” kata Puan sambil menekan ombol sirine sebagai tanda Pembukaan Selubung Patung Bung Karno.

Dalam peresmian ini, Puan juga menandatangani prasasti Monumen Soekarno.

Selain itu, ia juga menyapa sejumlah pelaku sejarah penjemput Bung Karno ketika datang di Morotai tahun 1957.

Ada 5 orang pelaku sejarah yang hadir dalam acara peresmian Monumen Soekarno. Mereka adalah Rosalina Sasue (pemegang baki saat pengguntungan pita peresmian SMPN 1 Morotai), Harniaty Mulyono (pelaku pengalungan bunga), Muhajir Kololi (salah satu peserta barisan paduan suara), Sarifudin Lanoni dan Icong (ikut menjemput Bung Karno di pelabuhan).

“Saya sudah muter-muter Indonesia dari SMP, baru skrg sampai morotai. Pasti ada sejarah yang memanggil. Tidak mungkin 3 generasi ini datamg ke Morotai. Artinya Morotai itu penting bagi Indonesia,” kata Puan.

Putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ini pun lalu membanggakan Bung Karno yang selalu mementingkan pendidikan anak bangsa.

Salah satunya, kata Puan, terbukti dengan meresmikan SMPN 1 Morotai yang berada di salah satu pulau terdepan Indonesia.

“Waktu itu kok Bung Karno resmikan SMP, ternyata beliau melihat pendidikan itu penting, sendi utama bangsa. Ini tugas kami di DPR untuk mencermati pendidikan di Morotai dan daerah-daerah terpencil lagi,” jelasnya.

Puan menegaskan, DPR RI siap membantu pembangunan Morotai melalui fungsi dan kewenangannya. Ia ingin agar keindahan Morotai semakin dikenal lagi.

“Saya lihat indah nya laut Morotai terlenal ke seluruh dunia. Kita harus bangun Morotai agar jangan kalah seperti Raja Ampat. Ini momentum kita bangun pariwisata. Agar setelah Covid, wisatawan bisa hadir,” ucap Puan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *