by

Jokowi dorong Pagar Alam jadi Kota Pertama yang Gunakan Energi Hijau

-Sumsel-382 views

RadarSumsel.com, Pagar Alam – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pemerintah Kota Pagaralam, Sumatera Selatan untuk terus menggunakan energi hijau. Dengan demikian Kota Pagar Alam bisa menjadi kota pertama dengan nol emisi

“Ini akan menjadi kota dengan zero emission yang pertama, kalau bisa nanti ditindaklanjuti ke penggunaan listrik yang lainnya. Pagar Alam akan menjadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau,” kata Jokowi di Lapangan Merdeka, Kota Pagar Alam, dikutip cnnindonesia.com, Selasa (25/01/2022).

Jokowi menuturkan pemerintah pusat akan terus mendukung pengembangan energi hijau di Kota Pagar Alam. Dengan pengembangan energi hijau serta didukung keindahan alamnya, Jokowi meyakini seluruh Tanah Air akan melihat keindahan Kota Pagar Alam.

Lebih lanjut, Jokowi juga memastikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan dukungan yang optimal wilayah-wilayah lain yang ingin berbenah menuju daerah dengan energi hijau.

Sebagai bentuk apresiasi, Jokowi telah memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Sumatera Selatan untuk mulai melakukan perencanaan terkait bantuan untuk pengembangan energi hijau di Kota Pagar Alam.

“Saya tadi sudah menyampaikan kepada Pak Menteri BUMN, kepada Pak Gubernur Sumatera Selatan dan juga Pak Walikota Pagar Alam agar mulai direncanakan (pengembangan energi hijau). Pemerintah pusat akan bantu di tempat-tempat yang bisa dibantu,” katanya.

Jokowi optimistis Pagar Alam akan menjadi kota yang dapat dicontoh oleh seluruh daerah di Indonesia dalam bidang energi baru dan terbarukan (EBT).

“Sebuah brand baru enegi hijaunya. Saya yakin, insyaallah seluruh Tanah Air akan melihat ke Kota Pagar Alam, dimana keindahan alam hijau, energinya juga EBT, orang akan merasakan betapa yang namanya tanpa polusi itu didambakan,” jelasnya.(**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *