by

Harga Minyak Goreng Meroket, Warga dan Pedagang Minta Pemerintah Turun Tangan

-Ekonomi-72 views

RadarSumsel.com, Palembang – Harga minyak goreng di Kota Palembang melonjak naik dalam beberapa waktu terakhir, kenaikan harga tersebut cukup signifikan berkisar Rp 3 ribu sampai Rp 6 ribu per kilogramnya.

Berdasarkan pantauan di Pasar KM 5 Palembang, harga minyak goreng kemasan tembus Rp18.500 per liter,Rabu (3/11) dari harga semula Rp13 ribu per liter.

Sementara harga minyak curah, yakni diharga Rp 18.000,/kg, sebelumnya mentok diharga Rp11 per kg.

“Kenaikan harga minyak sudah satu bulan terakhir ini,” kata Salim salah satu pedagang Pasar KM 5, Palembang, Rabu (3/11/2021).

Menurut Salim, kenaikan harga ini sudah terjadi dari distributor, selain harganya yang melonjak drastis, minyak goreng kemasan dan curah cukup sulit didapat.

Lanjut Salim, “kenaikan harga minyak saat ini sangat berdampak terhadap usahanya, berharap pemerintah dapat memberi solusi demi keberlangsungan hidup dan perekonomian”,ucapnya

Sementara itu, Ria salah satu pembeli mengatakan, kenaikan harga minyak goreng ini sudah berlangsung sekitar sepekan belakangan, ia mengaku, biasa membeli minyak goreng kemasan berkisar Rp 11 ribu sampai Rp. 13 ribu per liter.

“sekarang harus keluar uang Rp 19 ribu sampai 20 ribu,” ucapnya.

“Sebagai ibu rumah tangga, kenaikan harga minyak goreng ini cukup terasa, apalagi saat ini masih di berdampak pandemi covid dimana daya beli warga berkurang. Karena itu, berharap pemerintah melakukan tindakan, Mungkin operasi pasar atau apalah agar harga dapat kembali turun”, ucapnya

Hal senada di ungkapkan oleh Tika,(39) mengaku harus mengeluarkan uang Rp 38 ribu untuk minyak goreng kemasan 2 liter. Padahal, sebelumnya minyak yang dia beli masih seharga Rp 33 ribu.

Menurutnya, kenaikan harga minyak goreng sering ia rasakan setiap menjelang akhir tahun.

”Biasanya minyak naik saat akhir tahun, tapi tidak semahal sekarang. Ini naiknya banyak sekali,” katanya. (**AB)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *