by

DPR Resmi Tetapkan Wahyu Sanjaya Sebagai Ketua BAKN

-Nasional-236 views

RadarSumsel.Com. Jakarta. Wahyu Sanjaya resmi ditetapkan menjadi Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI menggantikan Marwan Cik Asan.

Penetapan Ketua BAKN tersebut berdasarkan surat dari Fraksi Demokrat tanggal 20 Januari 2021 perihal Penyampaian Kebutuhan Penugasan dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan surat dari BAKN tanggal 26 Januari 2021 perihal Permohonan Penetapan Ketua BAKN DPR RI.

Pelantikan Wahyu Sanjaya dipimpin Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/1).
Sebagai pimpinan baru, Wahyu mengatakan, BAKN akan menelaah temuan hasil pemeriksaan BPK yang disampaikan kepada DPR.

Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) akan menelaah temuan-temuan hasil pemeriksaan BPK yang disampaikan kepada DPR sebelum melaporkannya ke komisi-komisi di DPR,” ujar Wahyu dalam keterangan pers, Kamis (28/1).

Lebih lanjut kata Wahyu, BAKN akan meningkatkan komunikasi dgn BPK RI sehingga pemeriksaan kedepan menjadi semakin berkualitas, akuntable dan transparan.
Selain itu, Wahyu juga berharap agar pengelolaan keuangan negara oleh seluruh institusi yang menggunakan uang negara dilakukan dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan, Sehingga BAKN tidak terlalu sering membuat rekomendasi atas temuan hasil pemeriksaan,”

BAKN juga bisa merekrut tenaga akuntan, ahli hukum, analis keuangan, dan/atau peneliti, sesuai dengan Pasal 112E UU No 2 tahun 2018 tentang MD3.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *