by

Jakor Minta Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dinas PUTR dan Bawaslu OKU Timur

-Sumsel-120 views

 

RadarSumsel.com, Palembang-Terkait adanya dugaan indikasi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di dua instansi, membuat Jaringan Anti Korupsi Sumsel (JAKOR) melakukan aksi demo di Kejaksaan Tinggi Sumsel pada, Jumat (26/05/23).

Hal ini sebagaimana disampaikan langsung oleh Fadrianto TH selaku Koordinator Aksi kepada awak media bahwa berdasarkan informasi yang didapat dan data temuan tim investigasi JAKOR terhadap dugaan KKN di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) dan Bawaslu OKU Timur.

Fadrianto menjelaskan bahwa adanya dugaan indikasi yang mengarah pada KKN terkait pengerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Banban Rejo-Kalidua-Kalirejo-Tuan Ulung di Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten OKU Timur dan anggaran Rp.10.250.030.000,- dikerjakan oleh Cv. Kurnia Sentosa dengan panjang aspal mencapai 2,6 Km. Ada juga pemeliharaan berkala jalan Tanjung Kemuning-Ulak Buntar Margomulyo Kecamatan Belitang II dengan anggaran sebesar Rp.8.769.029.000,- yang dikerjakan oleh CV. Cahaya Makmur sepanjang 1,8 Km aspal, di tahun anggaran APBD 2022, jelas Fadrianto.

“Selain itu ada juga dugaan indikasi korupsi di BAWASLU Kabupaten OKU Timur terkait penggunaan dana Hibah pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur tahun 2020 dan dana hibah yang diterima oleh BAWASLU sebesar Rp.15.000.000.000,-,” ujarnya.

Dalam hal ini, Fadrianto menuturkan bahwa dirinya secara pribadi dan kelembagaan JAKOR sangat mendukung Pemerintah melalui Kejaksaan Tinggi Sumsel untuk dapat mengusut tuntas adanya dugaan indikasi yang mengarah pada tindak pidana korupsi di Sumatera Selatan.

“Untuk itulah kami meminta kepada Kejati agar segera mengusut tuntas apa yang sudah kami sampaikan dalam orasi tadi. Kami juga meminta agar pihak kejati segera memanggil dan memintai keterangan pihak-pihak terkait seperti Kepala Dinas PUTR dan seluruh Komisioner Bawaslu Kabupaten OKU Timur,” pinta Fadrianto.

Burnia, selaku Jaksa Fungsional Intel Kejati Sumsel saat menjumpai massa aksi menyampaikan bahwa apa yang sudah disampaikan oleh LSM JAKOR pihaknya akan segera menyampaikan kepada pimpinan.

“Tentunya apa yang sudah disampaikan oleh JAKOR segera kita tanggapi dan sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada JAKOR yang sudah menyuarakan aspirasinya dan dipersilahkan masukan laporannya ke PTSP, ” ucapnya(**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *