by

Anggota DPD RI Hj. Eva Susanti Ajak Masyarakat Kunjungi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

-Sumsel-132 views

RadarSumsel.com-PALEMBANG. Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD RI) Hj. Eva Susanti, SE dalam masa resesnya mendatangi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) atau biasa dikenal dengan sebutan Situs Karanganyar yang merupakan salah satu tempat bersejarah di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kamis 28/7/2022.

Eva Susanti didampingi Staf Ahlinya dalam kunjungan di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya mengatakan. “Tempat ini merupakan aset yang paling berharga sekaligus kebanggaan masyarakat Sumsel dan Indonesia, karena Sriwijaya telah diakui dunia sebagai kerajaan maritim yang pernah jaya dan menorehkan sejarah level dunia, oleh karena itu kita harus hidupkan kunjungan edukasi sekaligus wisata di sini”

Lebih lanjut senator prempuan catik itu menuturkan. Dari kunjungan ini akan menjadi bahan masukan bagi saya di saat rapat-rapat di Jakarta untuk disampaikan kepada pemerintah pusat, agar situs-situs sejarah dan museum untuk dialokasikan dana alokasi khusus (DAK) yang besar supaya ada pengembangan pengelolaan semakin baik, dapat menarik minat masyarakat dan menjadi daya tarik wisatawan lokal dan manca negara, taman ini harus menjadi primadona bagi masyarakat lokal dan dari luar seperti halnya tempat-tempat bersejarah yang ada di Eropa dan luar negeri.

Pemerintah pusat dan daerah harus mensinergikan konsep pembangunan yang terintegrasi dengan wisata dan edukasi sejarah, karena  pengetahuan sejarah itu sangat penting untuk ditanamkan kepada generasi kini dan akan datang, untuk membentuk jati diri anak bangsa yang tengah dihadapkan pengaruh nilai-nilai globalisasi.

Sementara itu Kepala UPTD Taman Pariwisata Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Nur Yasin menyampaikan “TPKS ini merupakan salah satu aset bersejarah yang ada di Provinsi  Sumatera Selatan, luas lahannya sekitar 20 hektar yang dilengkapi oleh tiga bangunan seperti gedung museum, gedung pendopo dan gedung prasasti, kami akui masih banyak kekurang dalam fasilitas sarana prasaran, SDM tenaga pengelolah PNS masih belum mencukupi”

Taman Pariwisata Kerajaan Sriwijaya di Jalan Syakyakirti Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Gandus tersebut  merupakan salah satu tempat bekas pemukiman kerajaan yang ada di bumi sriwijaya. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya berbagai banyak benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya, seperti sisa bangunan bata, sejumlah fragmen gerabah keramik, manik-manik,perahu dan benda-benda bersejarah lainya Alahmdulilah tadi Ibu Eva Susanti sudah meninjau semua benda bersejarah tersebut.

Kedatangan Ibu Senator Eva Susanti menjadi penyemangat bagi kami di UPTD Taman Pariwisata Kerajaan Sriwijaya (TPKS) untuk terus menbuat inovasi dalam pengelolaan secara profesional dan modern. Kami berharap anggota DPD RI dapat mendukungan dalam menyampaikan aspirasi kami dari daerah Sumsel, khususnya alokasi dana DAK ditingkatkan lagi dalam pengembangan program dan pembangunan gedung, merenovasi gedung dan taman sehingga tempat ini dapat menjadi pusat kegiatan seni dan budaya. Pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *