by

Sosialisasi H. Wahyu Sanjaya; Memperkuat Jadi Diri Anak Bangsa Dengan Empat Pilar Kebangsaan

-Nasional-86 views

RadarSumsel.com. SUMSEL- H. Wahyu Sanjaya anggota MPR RI/DPR RI melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan dan kenegaraan; Pancasila, Undang-undang dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. Dalam acara tampak dihadiri oleh tokoh masyarakat, pemuda dan mahasiswa dari  berbagai daerah Kabupaten/Kota Se-Sumatera Selatan di Rumah Makan Indo Raso Palembang, Sabtu 20 November 2021.

Dalam penjelasannya Wahyu Sanjaya mengajak “Empat Pilar Kebangsaan terdiri dari Pancasila, Undang-undang dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika” dari empat pilar inilah menjadi spirit dan pondasi dalam menata dan membangun bangsa Indonesia yang kuat dan tangguh empat pilar ini telah disepakati oleh para pendiri bangsa.

“Pancasila menjadi jati diri kita sebagai warga negara indonesia, untuk kita terapkan dalam keseharian pergaulan serta fungsi dan profesi kita masing-masing, dari pemaknaan pancasila ini sebagai insan yang berketuhanan yang Maha Esa maka kita akan menjadi taat beribadah kesalehan sesuai agama masing-masing”. Jelas Wahyu Anggota DPR RI dua periode

Tambah Wahyu. Zaman terus berubah dengan segala tantangannya, Kondisi Indonesia sudah merdeka, arus gelobalisasi tak terbatas oleh ruang dan waktu masuk dari segal penjuru kehidupan, teknologi informasi merubah tatanan kehidupan, cara pikir dan pola hidup, untuk itulah generasi milenial tidak boleh kehilangan jati dirinya bahwa Indonesia memiliki falsafa hidup bernama Pancasila yang memuat nilai-nilai suci dan universal.

“Indonesia adalah kita, kita adalah indonesia, biarkan kita tumbuh dan berkembang anak bangsa ini sesuai dengan indeologinya, falsafahnya. Jangan kita kehilangan jati diri dengan pengaruh dari luar karena kekuatan gelobal teknologi informasi telah mulai mempengaruhi cara hidup manusia sekarang” Tegas Wahyu.

Undang-undang dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika menjadi landasan kita dalam mengisi segala ruang kehidupan kita, dengan segala profesi dan tanggung jawab kita semua sebagai warga negara.

Sementara itu, Andika mahasiswa asal Ogan Ilir peserta acara sosialisasi empat pilar mengatakan “sangat penting bagi generasi muda untuk terus menggalakkan diskusi kebangsaan sebagai ajang memperkuat rasa nasionalisme dan menambah wawasan kebangsaan”  

Kami sebagai generasi muda sangat perlu bimbingan dan arahan untuk menjaga stabilitas jiwa muda yang selalu ingat dan cinta kepada indonesia, agar kami tidak terpapar paham-paham yang sesat dan menyesatkan. Tutup Mahasiswa dari Kampus UIN Raden Fatah Palembang

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *