by

Polda Sumsel Musnahkan Barang Bukti 3.1 Kg Sabu Milik Empat Tersangka

-Sumsel-41 views

Radar Sumsel.com, Palembang- Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel memusnahkan 3,1 kilogram narkoba jenis sabu. Sabu ini merupakan barang bukti yang disita pada September dan Oktober 2021.

“Kami melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu hasil ungkap kasus pada bulan September dan Oktober dari 4 tersangka dengan jumlah barang bukti total keseluruhan 3,1 kilogram,” kata Kabag BIN Opsnal, Kompol Dwi Utomo di Halaman Ditresnarkoba Polda Sumsel, Palembang, Kamis, (14/10/2021)

Lebih lanjut Kompol Dwi berharap dari pemusnahan ini bisa menekan peredaran narkoba di di wilayah Sumsel semakin hari semakin menurun.

“Sesuai dengan harapan Bapak Kapolda Sumsel yang terus dan ingin memerangi narkoba dan berjihad melawan narkoba,”katanya.

Pemusnahan turut hadirkan empat orang tersangka dan disaksikan sejumlah pihak diantaranya Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, BNNP Sumsel.

Proses pemusnahan ini diawali dengan pengecekkan dan pemeriksaan kandungan amphetamin yang terkandung di dalamnya

Kemudian baru dimusnahkan dengan cara dilarutkan dalam air yang dicampur detergen menggunakan blender.

Kabag Bin Ops Ditresnarkoba Polda Sumsel Kompol Dwi Utomo menambahkan, pemusnahan barang bukti ini sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 91 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba dan pasal 45 ayat 4 KUHAP, yang mewajibkan kepada penyidik untuk melakukan pemusnahan barang bukti sitaan.

“Di samping itu untuk menghindari terjadi penyalahgunaan barang bukti dari aparat hukum yang tidak bertanggung jawab,” jelas Dwi

“Dengan barang bukti yang dimusnahkan pihaknya telah menyelamatkan 19 ribu lebih generasi muda dari penyalahgunaan narkoba”.tutupnya(*Ars)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *