by

10 Anggota DPRD Muara Enim ditahan KPK

-Nasional-86 views

RadarSumsel.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 10 anggota DPRD Kabupaten Muara Enim sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta pengesahan APBD 2019. Setelah diumumkan penetapan tersangka ke depan publik, Kesepuluh tersangka tersebut langsung ditahan selama 20 hari kedepan.

Penetapan kesepuluh orang anggota DPRD Muara Enim ini menjadi tersangka merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan KPK. Sebelumnya, KPK sudah menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam pusaran kasus korupsi di Muara Enim

“KPK meningkatkan status perkara ini ke penyidikan pada September 2021 dengan menetapkan 10 tersangka,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung KPK dan disiarkan langsung di YouTube KPK, Kamis (30/9/2021).

Wakil ketua KPK, Alexander mengatakan para anggota DPRD itu diduga menerima uang dari pengusaha bernama Robi Okta Fahlevi yang telah dijadikan tersangka pada kasus sebelumnya. Pemberian uang tersebut diduga ditujukan agar perusahaan milik Robi Okta menang dalam proyek di Dinas PUPR Muara Enim.

Lebih lanjut, Alexander menyebutkan pemberian uang ditujukan untuk kelancaran proyek di Dinas PUPR. Dia juga menyebut uang itu digunakan untuk kepentingan pemilihan anggota DPRD Muara Enim.

Adapun Kesepuluh anggota DPRD Muara Enim yang menjadi tersangka tersebut yakni, Indra Gani (IG), Ishak Joharsah (IJ), Ari Yoca Setiadi (AYS), Ahmad Reo Kusuma (ARK), Marsito (MS), Mardiansyah (MD), Muhardi (MH), Fitrianzah (FR), Subahan (SB), dan Priardi (PR).

Semuanya ditahan secara terpisah di tiga rutan KPK. Tersangka Indra, Ari, Mardiansyah, dan Muhardi ditahan di Rutan KPK C1 Gedung ACLC sedangkan Ishak, Ahmad, Marsito, dan Fitrianzah di Rutan KPK Gedung Merah Putih. Adapun Subahan dan Piardi ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Atas perbuatannya, kesepuluh anggota DPRD Muara Enim tersebut dijerat pasal 12 huruf a atau Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.(**Ars)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *