by

Konflik Rusia-Ukraina Kian Memanas, Rusia Kirim Kapal Perang ke Laut Hitam

RadarSumsel.com, Moscow – Lebih dari 20 kapal perang Rusia dikerahkan ke Laut Hitam. Kabar itu disampaikan kantor berita Interfax, Selasa (20/4/2021), mengutip pernyataan dari Armada Laut Hitam Rusia.

Menurut media itu, puluhan kapal perang itu mengambil bagian dalam latihan militer yang digelar Moskow. Rusia pun untuk sementara waktu membatasi pergerakan kapal perang asing dan kapal-kapal sipil dari negara lain di dekat Krimea—wilayah yang dianeksasi Moskow dari Ukraina pada 2014.

Tindakan tersebut menuai reaksi dari Amerika Serikat. Washington DC pun menyatakan “keprihatinan yang mendalam” atas eskalasi konflik di kawasan tersebut.

Sebelumnya, Rusia juga dilaporkan telah menempatkan lebih dari 150.000 tentara di perbatasan Ukraina dan di Krimea. Hal itu diungkapkan diplomat utama Uni Eropa, Josep Borrell, Senin (19/4/2021).

Menteri luar negeri Ukraina juga telah memberi tahu para menlu negara-negara Uni Eropa (UE) ihwal kondisi terkini di wilayah rawan konflik tersebut.

“Lebih dari 150.000 tentara Rusia berkumpul di perbatasan Ukraina dan di Krimea. Risiko eskalasi lebih lanjut terbukti,” kata Borrell seperti dikutip Reuters, tadi malam.

10 Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama, Amerika Serikat hingga Rusia Dia menolak membocorkan sumber yang memberikan angka tersebut.

Ketegangan antara Moskow dan Kiev telah meningkat di tengah pengumpulan pasukan Rusia di perbatasan kedua negara.

Bentrokan yang terjadi antara tentara Ukraina dan kelompok separatis pro-Moskow di wilayah Donbass (bagian timur Ukraina) juga semakin menambah panas situasi. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, pada Jumat (16/4/2021) lalu telah mendesak diadakannya negosiasi perdamaian.(Din)

Berita ini telah tayang di www.realitarakyat.com dengan judul “semakin memanas puluhan kapal perang Rusia dikerahkan ke Laut Hitam”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *