by

Hilangkan Rasa Gatal Pada Kulit, Cukup Lakukan Ini

-Sumsel-516 views

Radar Sumsel.com, Palembang – Bagi pemilik kulit sensitif, seperti eksim, psoriasi dan sejenis, masalah kulit gatal sangat menyiksa terutama di musim dingin. Karena lingkungan yang kering dapat memicu peradangan tanpa henti.

Meski begitu, ini adalah masa-masa sulit bagi kulit secara umum — pelindung kulit Anda melemah di musim dingin, yang berarti air lebih mudah menyerap, penyebab iritasi potensial muncul.

Selain mengoleskan semua pelembap dan salep yang bisa Anda dapatkan, para ahli sering kali berkata: Jangan menggaruk! Gatal pada bagian kulit kering hanya semakin mengiritasi kulit dan memperburuk masalah. Lebih baik Anda mengandalkan cara lain untuk memberikan bantuan instan, seperti tips dari dokter kulit bersertifikat Afton Chavez ini. Seperti yang dia jelaskan di TikTok, Anda dapat menenangkan kulit yang gatal dalam sekejap, tanpa satu goresan pun.

Ini adalah trik yang mungkin pernah Anda dengar: “Coba taruh krim pelembab di lemari es.” Sebagian besar, kebanyakan dari kita tidak perlu mendinginkan produk kecantikan, tetapi bagi kita yang memiliki kulit gatal, itu berhasil. Pelembap Anda kemungkinan besar mengandung bahan-bahan yang menutrisi seperti ceramides, oat, squalane, dan lainnya, untuk memperkuat pelindung kulit — yang dapat membantu menenangkan kulit yang kering dan bersisik sejak awal. Tetapi jika Anda sedang menghadapi rasa gatal yang tak henti-hentinya saat ini, menyimpan produk tersebut di lemari es dapat memberikan bantuan cepat.

Ingat mengapa wajah Anda mungkin gatal saat berolahraga? Nah, salah satu alasannya adalah ketika tubuh Anda menghasilkan panas — seperti, katakanlah, saat jogging atau bahkan berkeringat  — hal itu dapat menyebabkan kapiler membesar. Ketika itu terjadi, ini merangsang sel-sel saraf di sekitar tubuh Anda — dan otak Anda menafsirkan sinyal itu sebagai gatal.

Suhu yang lebih dingin secara efektif melakukan hal sebaliknya: Alih-alih memperbesar kapiler, mereka menyempitkan pembuluh darah Anda (proses yang disebut vasokonstriksi). “Yang mengelabui saraf yang merasakan gatal [dan] mengarah ke efek pendinginan dan menenangkan,” kata Chavez, seperti dilansir dari laman Mind Body Green.

Jika Anda menghadapi kulit yang gatal, meradang dan membutuhkan bantuan segera, coba taruh pelembab Anda di lemari es selama beberapa menit dan oleskan krim dingin itu. Ada alasan yang didukung sains bahwa sensasi dingin dapat menyempitkan pembuluh darah, hal itu “menipu” saraf Anda untuk merangsang respons gatal.(AS)

Artikel ini telah tayang di https://cantik.tempo.co/read/1428703/kulit-gatal-jangan-langsung-digaruk-coba-trik-cepat-dokter-kulit-ini

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *