by

Gempa 5,3 SR di Bengkulu, Warga Pagaralam Berhamburan Keluar Rumah

-Sumsel-209 views

RadarSumsel.com._PAGARALAM- Tercatat hampir dua pekan ini warga Kota Pagaralam di hebohkan karena guncangan Gempa Bumi yang berpusat di Provinsi Bengkulu tepatnya Seluma Bengkulu Selatan.

Meskipun, jaraknya cukup jauh dari Kota Pagaralam yaitu sekitar 87 kilometer, namun Gempa Bumi berkekuatan 5,3 SR ini . Namun guncangannya sangat terasa sampai membuat banyak warga Pagaralam yang memang sedang berada didalam rumah karena menunggu magrib panik dan berhamburan keluar rumah..

Berdasarkan data yang dihimpun Pos Pemantau Gunung Api Dempo (GAD). Berdasarkan rekaman alat siesmograf yang ada di Pos GAD tercatat gempa terasa cukup besar yaitu skala MMI 3.

Petugas Pos Pemantau GAD Pagaralam, Megian membenarkan jika gempa bumi yang berpusat di Bengkulu sangat dirasakan di Pagaralam.

“Terasa sekali dan cukup besar. Bahkan dialat siesmograf tercatat besaran gempa berdasarkan skala MMI yaitu MMI 3 atau diatas 5 skala Rikter,” ujarnya saat dihubungi via telpin seluler, Sabtu (30/1)

Namun pihaknya memastikan gempa bukan dari aktivitas GAD. Bahkan gempa yang terjadi juga tidak mempengaruhi aktivitas GAD sampai saat ini.

“Karena bukan berpusat dari Gunung Api Dempo jadi tidak ada pengaruh dengan aktivitas GAD,” jelasnya.

Sampai saat ini status GAD masih berada dilevel 1 atau aktif normal. Namun karena ini adalah alam jadi bisa saja berubah tergantung dengan fenomena alam itu sendiri.

“Masyarakat tetap harus waspada. Namun jika ada aktivitas yang berasal dari GAD maka akan segera diumumkan ke masyarakat,” pungkasnya.


Artikel ini telah tayang di https://www.detiksumsel.com/ dengan judul “Gempa, Warga Pagaralam Berhamburan Keluar Rumah”

 (**RQ)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *