by

Stop Main Handphone di Toilet, Ini Bahayanya !

-Kesehatan-50 views

RadarSumsel.com, Palembang – Saat ini, penggunaan smartphone (Hp ) telah menjadi bagian yang tidak bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Tida ketika sedang berada di toilet, entah itu membalas chat, browsing, membuka media sosial (Facebook, Twitter, dll) ataupun mendengarkan musik.

Tapi, perlu diketahui, bahwa membawa handphone ke dalam toilet merupakan sebuah hal yang membahayakan bagi kesehatan anda, apa itu ?

Salah satu bahayanya, yakni bisa terkena ambeien atau wasir.

kebiasaan main HP terlalu lama di tolilet dapat menjadi salah satu pemicu adanya tekanan berlebih pada pembuluh darah di anus tersebut.

Ahli bedah kolorektal, Dr. Karen Zaghiyan, menjelaskan sebenarnya bukan main Hp saat BAB yang menjadi penyebab wasir, tapi duduk di toilet dalam waktu lamalah yang jadi penyebabnya.

“Duduk di toilet untuk waktu yang lain, baik Anda sedang membaca atau hanya duduk di sana pasti dapat menyebabkan masalah wasir,” kata Dr. Zaghiyan dilansir dari Health Line, Rabu (8/12/2021).

“Akibatnya, menumpuk darah dan menimbulkan gejala, seperti nyeri, bengkak atau pendarahan terutama saat BAB,” jelas Dr. Zaghiyan.

Melansir dari ccnindonesia.com (8/12/2021).”Hal ini juga diungkap oleh seorang ahli bedah plastik yang berbasis di Detroit, Anthony Youn yang mengungkap bahwa duduk di toilet selama lebih dari 15 menit bisa menyebabkan wasir.

“Duduk di toilet untuk waktu yang lama, terutama saat Anda mengejan dapat menyebabkan darah berkumpul di sekitar rektum dan anus Anda,” kata Youn, seperti dikutip Men’s Health.

Cara termudah agar wasir tidak muncul adalah memangkas waktu Anda di toilet yakni dengan tidak membawa ponsel.

Lagi pula bukan hanya wasir, menggunakan ponsel di kamar mandi juga bisa membuatnya terkontaminasi bakteri E. coli dan mikroba jahat lainnya. Sebuah studi yang dilakukan 2017 lalu mengungkapkan ponsel dapat menampung E. coli dan mikroba jahat lainnya.

Selain itu, sadari untuk menggunakan kamar mandi seperlunya. Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah menggunakan toilet sesuai kebutuhan. Jika Anda tak terlalu merasa mulas jangan dipaksakan.

Paling maksimal, waktu buang air besar adalah 15 menit, jika lebih dari itu ada indikasi terkena. mengatasi duduk dan mengejan untuk waktu yang lama. Jika terganggu, coba atur pengatur waktu sehingga Anda tahu kapan harus bangun dan melanjutkan jika tidak ada yang bergerak. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *