by

Banyak Ide Usaha Untuk Jadi Pengusaha, Kaya Raya Tidak Harus Jadi Pekerja

-Ekonomi-51 views

RadarSumsel.com. Memiliki penghasilan tambahan untuk saat ini tengah marak dilakukan kebanyakan orang demi mendapatkan uang. Jika ingin mendapatkan penghasilan, memang kita dituntut untuk mempunyai ide usaha kreatif agar dapat bersaing dengan yang lainnya. 

Ide usaha sejatinya bisa datang kapan saja asalkan kita memiliki kemauan untuk mendapatkan penghasilan selain dari gaji bulanan. Hanya saja, kita dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan peluang usaha tersebut. 

Mengapa demikian, kreatifitas tersebutlah yang nantinya akan membawa bisnis berkembang dan dikenal banyak orang. Semakin majunya zaman, ide usaha kreatif bermunculan apalagi dengan adanya internet saat ini, orang berlomba-lomba untuk memanfaatkannya demi berbisnis. 

Daftar 25 ide usaha kreatif yang bisa kamu coba

Sebenarnya banyak sekali ide usaha kreatif yang bisa coba asalkan kamu jeli dan pintar melihat peluang. Jangan terburu-buru dalam membangun sebuah bisnis, perlu kejelian dalam menjalankannya. 

Berikut ini adalah deretan ide usaha yang bisa kamu jalani dan akhirnya mendapatkan penghasilan. Yuk kita intip apa saja ide usaha yang kreatif dan bisa dijadikan ladang usaha buat kamu. 

1. Flip cover komputer tablet

Kini, smartphone dan tablet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Anak-anak hingga orang dewasa sudah banyak yang memilikinya. Nah, dari situlah muncul peluang usaha kreatif untuk menjual flip cover tablet.

Walaupun sudah banyak, kamu bisa menjual produk buatan sendiri dengan aneka motif yang unik seperti motif batik Indonesia. Memiliki ciri khas dari desain, bahan yang digunakan serta harga yang miring, tentunya akan dapat menarik perhatian konsumen. 

2. Jasa kebersihan keliling

Sekarang banyak usaha jasa yang unik dilakukan dengan mendatangi konsumennya secara langsung, salah satunya menyediakan layanan bersih-bersih keliling. Jasa usaha kreatif ini saat ini memang tengah dicari banyak orang lho terutama bagi mereka yang menginginkan rumahnya terlihat bersih dan rapi dalam waktu singkat. 

Melirik bisnis ini bisa saja kamu lakukan, selama masih work from home dan pandai-pandai dalam mengatur waktunya. Tawarkan usaha jasa kebersihan keliling kamu ke perumahan-perumahan atau kerabat dekat terlebih dahulu. 

3. Travel planner

Saat ini banyak sekali platform yang menjual tiket transportasi udara, laut dan darat serta penginapan secara online. Kondisi tersebut membuat siapapun dapat berlibur kapan saja lantaran hanya tinggal sekali ‘klik’ tiket dapat dipesan melalui gadget di tangan. 

Selain itu harga tiket yang ditawarkan setiap platform beraneka ragam demi menggaet user atau pelanggan. Maka dari itu, banyak orang mencari harga terbaik.

Kondisi inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi seorang travel planner. Tawarkan jasa kamu ke orang yang ingin berlibur tapi tidak memiliki cukup waktu luang untuk memesan tiket dan gak tahu platform mana menawarkan harga terbaik. Selain itu, kamu juga harus punya ketrampilan organisasi yang bagus.

Dengan pembawaan kamu yang ramah serta pandai berkomunikasi alias talk active, dijamin usaha untuk menjadi travel planner mulus. 

4. Menjual barang ‘mantan’

Dibandingkan ide bisnis di atas, ide yang satu ini lebih menyedihkan bagi yang melihatnya. Bagi sebagian orang, kesedihan bisa menjadikan keuntungan salah satunya dengan menjual barang-barang hasil dari kegagalan orang menikah. 

Daripada membuangnya, mending kamu menjualnya di marketplace. Pasti banyak orang yang membutuhkannya. Tidak hanya cincin pernikahan saja, kamu juga bisa menjual barang lain seperti jas dan gaun pengantin, mahar, atau oper gedung yang tidak jadi disewa.

5. Terrarium

Ide bisnis yang satu ini datang dari dunia agribisnis yaitu terrarium. Namun, belum banyak orang menggeluti bisnis ini, tapi kamu patut untuk mencobanya lho demi mendapatkan penghasilan.  

Terrarium adalah wadah kaca atau plastik yang diisi media tanah atau tanaman lain dan satu atau lebih jenis tanaman. Kata lain terrarium adalah akuarium tanaman. 

Terrarium bisa dijual dalam bentuk jadi, sehingga bisa menjangkau pembeli yang jauh. Terrarium diminati masyarakat dengan tempat tinggal yang tidak memungkinkan untuk memelihara tanaman secara konvensional.

6. Desain case handphone

Banyak orang ingin menggunakan case yang lucu dan unik untuk mempercantik tampilan ponselnya. Selain untuk bergaya, case ini punya fungsi untuk melindungi ponsel dan tidak heran kalau ide usaha ini bisa kamu lirik lho. 

Tidak hanya yang motif polos, case ponsel juga tersedia dalam berbagai warna dan bahkan bentuk yang ternyata bisa dipesan. Dengan memberikan layanan untuk custom case handphone sesuai selera konsumen, tentunya menjadi nilai plus tersendiri bagi usaha kamu. 

Biasanya bisnis ini dilakukan dengan sistem pre order. Pemesan yang memberi desainnya untuk kemudian kamu mencetak di case yang sudah dipilih. Alat cetak sublimasi dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini untuk harganya mencapai belasan juta rupiah jadi kamu mesti menyiapkan bujet dan konsep bisnis yang matang. 

Untuk bisnis awal, kamu gak perlu alat tersebut, cukup jadi dropshipper atau menggunakan jasa printing pihak lain. Kalau uangnya sudah terkumpul, bisa deh kamu membeli alat tersebut.

7. Produk daur ulang

Sampah masih jadi permasalahan lingkungan yang kian mengkhawatirkan saat ini. Siapa sangka, salah satu cara mengurangi sampah adalah dengan mendaur ulangnya dan dijadikan sebagai sumber rejeki.

Ada banyak produk daur ulang yang bisa dihasilkan dari beragam jenis sampah. Gak harus menjadi produk yang sama, kamu bisa membuatnya menjadi benda atau barang tepat guna yang punya ciri khas.

8. Bisnis game truck

Ide usaha ini tidak memerlukan tempat permanen untuk menjalankannya. Walaupun begitu, kamu harus sedikit merogoh kocek untuk menyewa truk. 

Karena sifatnya mobile alias bepergian ke mana-mana , jadi kamu bisa mendatangi langsung mereka yang gemar bermain game. Bisnis ini akan memberikan pengalaman berbeda bagi mereka karena bisa bermain game di truk. 

9. Jual barang antik

Siapa bilang barang antik sudah kehilangan pasar. Masih banyak lho orang-orang yang menyukai barang antik untuk sekadar koleksi atau memang dipakai kegunaan secara utuh.

Modalnya gak terlalu besar, kamu dapat memulainya dengan menjual barang yang tidak terlalu mahal. Kemudian, bisa menambahnya kalau sudah berkembang pesat dengan berbagai jenis ukuran dan harga.

10. Bisnis thrift shop

Termasuk usaha yang tengah naik daun adalah bisnis thrift shop dengan banyak peminat. Bisnis ini ternyata tidak hanya digemari oleh mereka yang sudah tua, melainkan juga anak muda.

Cobalah dengan mulai menjual baju dan sepatu bekas yang masih punya nilai jual tinggi. Jangan lupa beri harga yang rasional dan ramah di kantong.

11. Kompor berbahan bakar non minyak bumi

Ide bisnis kreatif yang satu ini fokus pada bidang ilmiah, tapi jangan salah, sense of business tinggi, lho. Kalau biasanya kompor berbahan bakar minyak bumi, kali ini kamu bisa mengubah bahan bakarnya dengan minyak nabati. 

Selain untung, kamu juga andil dalam menjaga lingkungan, kok. Dengan menjalankan bisnis ini tentunya kamu juga membantu kelangsungan ekosistem bumi. 

12. Jasa membuat caption Instagram

Tidak ada salahnya kamu mencoba ide usaha kreatif ini yang satu ini. Sekarang lagi trennya lho orang-orang menulis caption di unggahannya biar jadi perhatian pengikutnya. 

Walaupun terdengar receh, jangan salah, tarifnya lumayan banget yaitu antara Rp50 ribu hingga Rp500 ribu untuk sebuah caption yang terdiri 6 paragraf.

13. Produk kecantikan ramah lingkungan

Tidak hanya makanan saja yang organik, produk kecantikan juga ada yang dibuat dari bahan ramah lingkungan. Produk ramah lingkungan punya peluang besar untuk dijadikan ladang bisnis, apalagi kepedulian menjaga lingkungan semakin tinggi.

14. Gelang couple

Ide bisnis satu ini menyasar para remaja, membuat gelang pasangan. Gelang tak hanya dikenakan oleh wanita, pria pun dapat mengenakan aksesoris ini.

Kamu bisa membuat gelang persahabatan maupun gelang pasangan dari bahan-bahan unik, seperti mutiara, tali kepang, hingga dari kancing. Buatlah seunik dan sekreatif mungkin, bisa juga dengan menambah ukiran atau inisial nama pembeli. 

15. Jasa titip

Jasa titip atau jastip disebut juga personal shopper. Tugas utamanya dengan membelikan barang yang dititip dan mereka akan memberikan tip sebagai bayaran jasa.

Umumnya, barang yang paling laris diburu orang adalah skincare, kosmetik, tas, aksesori, pakaian, alat rumah tangga, hingga mainan anak.

16. Jasa dekorasi pernikahan minimalis

Pernikahan tak harus selalu mewah, banyak juga orang yang mendambakan konsep pernikahan minimalis yang menyimpan banyak kesan. Nah, kalau kamu termasuk orang yang senang mendekorasi, ide bisnis ini bisa dijadikan salah satu peluang menarik. 

Sebagai referensi, kamu bisa mengambil tema-tema minimalis dari berbagai negara seperti Korea Selatan. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, pernikahan minimalis yang mengundang hanya sedikit tamu undangan sedang banyak dilakukan. 

17. Katering sehat

Banyak orang sedang melakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi sebagai menu harian mereka. Kamu bisa ambil peluang dengan membuat menu sehat. Terlebih jika bakat memasakmu cukup tinggi, ide bisnis ini sangat menguntungkan.

18. Makeup artist

Banyak momen berharga yang membutuhkan jasa makeup artist (MUA) untuk menyulap penampilan menjadi lebih cantik. MUA dibutuhkan untuk berbagai event seperti pernikahan, wisuda, prewedding, dan sebagainya. 

Untuk memasarkan bisnis ini, kamu bisa manfaatkan sosial media atau menjadi partner wedding organizer di kotamu. Tertarik? 

19. Voice over

Apakah kamu punya suara yang khas hingga banyak orang memuji karakter suaramu? Manfaatkan kesempatan ini untuk menjadikannya ide bisnis sebagai seorang voice over

Belakangan ini, profesi ini memang sedang dicari oleh banyak orang.  Biasanya, voice over akan mengisi latar belakang suara dari video hingga suara pengumuman di kereta, bioskop, hingga di pesawat.

20. Desain mahar dan hadiah unik

Ide usaha kreatif ini masih berhubungan dengan desain. Berbisnis desain mahar maupun hadiah unik seperti bouquet uang layak dipertimbangkan. Pasarkan usahamu di media sosial menggunakan hastag terkait dengan jasamu.

Keuntungannya pun tak main-main. Bisa puluhan hingga ratusan ribu per desain mahar yang dibuat.

21. Case ponsel  

Ide bisnis casing ponsel juga menarik untuk dijadikan peluang. Pilih desain unik dan kreatif, seperti gambar idola, kartun, bahkan gambar orang itu sendiri. Semakin menarik lagi kalau kamu membuatnya sendiri.

Kamu memerlukan modal casing polos, lalu menggambarnya sesuai permintaan konsumen.

22. Buket bunga kering

Ide usaha kreatif selanjutnya yang bisa kamu coba adalah bisnsi bunga kering atau biasa juga disebut dried flower ini. Meskipun sudah layu, banyak orang menyukainya karena unik dan romantis. 

Banyak orang menjadikan bunga kering sebagai simbol hadiah ulang tahun, wisuda, hari ibu, pernikahan dan lain-lain. 

23. Studio foto yang Instagramable

Mengabadikan berbagai momen seperti pre-wedding, post wedding, kehamilan (maternity), kelahiran buah hati, hingga berkumpulnya keluarga menjadi satu hal yang sepertinya harus dilakukan.  

Kalau kamu mempunyai ruang kosong di rumah atau spot cantik yang instagramable, maka bisnis sewa studio foto bisa jadi peluang yang menjanjikan. Cuma modal ruang cantik, tambah screen warna-warni yang bisa dibeli secara online, kamu sudah dapat menjalani bisnis ini.

Kalau mau lebih hemat lagi, ajaklah teman-temanmu yang berprofesi sebagai fotografer yang bekerja sama. Mereka dapat spot foto yang bagus, dan kamu bisa dapat uang dari hasil menyewakannya. Sama-sama untung, bukan?

24. Frozen food makanan khas dari berbagai daerah

Praktis dan hemat menjadi salah satu keunggulan frozen food. Apalagi kini banyak orang yang ingin menyimpan stok makanan agar tidak perlu keluar rumah. Tak heran kalau bisnis makanan beku ini kian diminati. Terlebih, bisnis frozen food memungkinkan untuk dilakukan dengan skala rumahan yang bisa dimulai kapan aja.

Biar ide usaha frozen food kamu unik, cobalah menjual makanan khas dari berbagai daerah. Bisnis ini menggiurkan kalau kamu berdomisili di kota besar di mana banyak perantau tinggal. Jadi, bisa membuat mereka melepaskan rindu akan makanan dari kampung halaman. 

Tips memulai usaha kreatif

Mengingat menjalankan usaha gak segampang membalikkan telapak tangan, kamu dituntut untuk telaten dalam memulai dan mengelolanya. Simak tips memulai usaha kreatif di bawah ini.

Lakukan riset pasar

Langkah selanjutnya adalah yang harus kamu perhatikan dengan melakukan melihat pasar. Setelah mendapatkan ide dan peluang usaha, lihatlah kondisi pasar. Hal tersebut penting dilakukan agar tau seberapa besar nantinya usaha kamu berkembang, siapa saja kompetitornya, harga rata-rata di pasaran, dan supply and demand.

Sesuaikan dengan passion

Percayalah kalau menjalankan bisnis sesuai dengan passion, maka kamu tidak akan mudah menyerah. Kenapa bisa? Saat kamu cinta dengan usaha yang dimiliki, apapun rintangan dan tantangan pasti bisa dihadang, jadi lebih fokus dan enjoy. Oh iya, peluang bisnis juga bisa datang dari hobi kamu, lho!

Membangun toko online

Sebaiknya kamu pikirkan pula untuk mendirikan toko online agar bisa mendekatkan diri ke konsumen dan meraih peluang pasar yang lebih besar. Tidak hanya itu, toko online juga akan mempermudah transaksi pembayaran.

Terapkan strategi pemasaran terbaik

Sebagai strategi pemasaran, kamu bisa membuat blog untuk soft selling maupun branding ide usaha kreatif yang dijalani. Selain itu, manfaatkan pula platform digital lainnya untuk memasukkan promo-promo di saat tertentu untuk menjaring calon konsumen baru

Perhatikan tingkat persaingan

Persaingan dalam usaha adalah hal yang biasa, tapi kamu jangan lupa untuk selalu memperhatikan persaingan tersebut dan sejauh mana para pesaing menjalankan usahanya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menerapkan strategi pasar yang berbeda dengan kompetitor.

Ketahui hambatan dan tantangan saat menjalankan usaha kreatif

Dalam menjalani sebuah usaha termasuk ide usaha kreatif, pastilah ada hambatan dan tantangan yang muncul. Hal tersebut adalah hal yang biasa dan harus dihadapi oleh seorang pengusaha agar bisa memetik pelajarannya.

Masalah keuangan

Masalah pertama paling sering muncul adalah mengenai keuangan seperti modal yang harus dikeluarkan saat pertama kali membuka usaha, apakah meminjam atau menggunakan uang pribadi. Ketika bisnis sudah berjalan, sebaiknya kamu pisahkan antara uang untuk usaha dan pribadi. 

Masalah mengenai produk

Sebagai pebisnis kamu juga memperhatikan permasalahan yang berkaitan dengan produk, bagaimana jika tidak laku dan sampai kapan produk tersebut bisa bertahan. Hindari mengambil stok barang terlalu banyak tanpa memperhitungkan keuntungan dan tingkat penjualannya untuk menghindari defisit dan cash flow yang negatif.

Masalah tim

Kalau usaha yang kamu jalankan lebih dari satu orang, biasa masalah mengenai tim akan muncul. Misalnya, saat awal merintis usaha, rekan kamu sangat meyakinkan, tapi setelah beberapa lama perusahaan berjalan, mulai terjadi perselisihan. Kasus yang sering terjadi adalah mengenai keuntungan. Jadi, penting banget menjaga kekompakan selama menjalankan usaha.

Menjaga kepercayaan konsumen

Kepercayaan dari konsumen adalah modal penting bagi usaha kamu. Jika konsumen punya tingkat kepercayaan tinggi, maka hal tersebut dapat berpengaruh pada tingkat penjualan produk berikutnya.

13 ide usaha kreatif di atas bisa kamu jadikan referensi untuk menjadi pebisnis. Jangan lupa bahwa menjalankan bisnis perlu perhitungan yang matang apalagi dengan adanya hambatan dan tantangan yang bakal kamu temui saat merajut usaha nanti.

Selain memikirkan membangun usaha dan bisnis jangan lupa menggunakan asuransi jiwa

Sedang semangat-semangatnya membangun usaha dari ide kreatif yang kamu miliki saat ini memang bagus. Tapi jangan sampai kamu terlalu asik bekerja untuk menambah penghasilan tapi melupakan memiliki asuransi jiwa. 

Penting lho bagi kamu yang memiliki posisi sebagai kepala rumah tangga untuk mengantongi asuransi jiwa. Kamu tidak mau kan sedang asyik menjalankan bisnis tapi malah jatuh sakit, padahal kamu memiliki usaha sebagai mata pencaharian. 

Asuransi jiwa sendiri adalah salah satu produk asuransi yang memberikan uang santunan kepada ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia. Nah jika ingin mendapatkan asuransi jiwa ini, setiap bulannya akan dikenakan premi ke perusahaan asuransi yang kamu pilih. 

Bagi kamu yang berbisnis dan sebagai kepala rumah tangga, manfaat asuransi jiwa sendiri dapat mengelola keuangan keluarga. Pasalnya nanti uang santunan menjadi sumber penghasilan bagi anggota keluarga yang ditinggalkan akibat kepala keluarga atau tulang punggu meninggal dunia. 

Bila kamu belum mengantongi asuransi jiwa, bisa lho langsung mengunjungi situs Lifepal. Melalui Lifepal kamu bisa mendapatkan segudang promo dan tawaran menarik untuk asuransi jiwa. 

Telah terbit di artikel https://lifepal.co.id/media/ide-usaha-kreatif/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *