by

Karena Covid-19 Banyak Anak Indonesia Menjadi Yatim piatu, Eva Susanti Anggota DPD RI Angkat Bicara “Kebijakan Pemerintah Harus Menjamin Hak dan Tumbuh Kembang Anak”

-Nasional-131 views

RadarSumsel.com-JAKARTA. Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia akhir-akhir ini semakin terasa berdampak luas terhadap seluruh sendi kehidupan masyarakat; Ekonomi, Sosial, Budaya, Politik, Pendidikan dan lain sebagainya, dari data pemerintah hampir setiap hari lonjakan angka terus meningkat masyarakat yang terpapar Covid-19. Sehingga banyak anak Indonesai yang kehilangan orang tuanya meninggal karena Covid-19. Jum’at, 30/07/2021

Atas kondisi diatas, Ketua Komite III DPD RI Prof. Dr. Sylviana Murni, SH.,M.Si mendorong Pemerintah Pusat dengan menggandeng Pemerintah Daerah agar bertanggung jawab dan memastikan pemenuhan hak anak yang terdampak Covid-19, baik dari Pendidikan, sosial maupun pengasuhannya.

“Selain angka-angka kasus, kita juga harus melihat sisi kemanusiaan. Anak-anak yang kehilangan orangtuanya akibat Pandemi Covid-19 mengalami krisis mental dan haknya atas anak. Maka dengan itu Pemerintah Pusat harus hadir ditengah kegelisahan mereka dengan terjaminnya Pendidikan, sosial maupun pengasuh bagi anak-anak.” Tegas Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni.

Dampak Covid-19 terhadap Anak, juga menjadi sorotan penting Anggota DPD RI Dapil Sumatera Selatan Hj. Eva Susanti menilai dari perspektif sosial masyarakat, banyaknya anak Indonesia menjadi yatim piatu ataupun yatim karena orang tuanya meninggal dunia disebabkan Covid-19, kondisi ini harus menjadi perhatian serius dan ada langka-langka kongkrit yang dibuat oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Senator cantik berdarah Musi Banyuasin itu mengatakan “Banyaknya anak yang kehilangan orang tua, itu sangat berdampak sistemik bagi kelangsungan tumbuh kembang anak, untuk itu pemerintah wajib hadir memberikan kebijakan yang dapat melindungi anak baik secara sosial, ekonomi, kesehatan dan pendidikannya”

Lebih lanjut Anggota DPD RI yang akrab disapa Yuk Eva menegaskan “Anak Indonesia hari ini adalah aset, investasi dan  cermin Indonesia ke depan, apabilah anak Indonesia saat ini baik maka akan baik Indonesai ke depan, begitupun sebaliknya”

Saya sebagai perempuan sangat tersentuh naluri keibuan, coba bayangkan jika anak-anak kehilangan orang tuanya yang meninggal, tentu akan tergoncang psikis atau kejiwaanya, begitupun juga pengasuhan dan pemenuhan kebutuhan anak akan rentan terabaikan, tentu itu akan berdampak pada kualitas perkembangan dan pertumbuhan anak. Ujarnya

Lebih lanjut, Yuk Eva yang juga Istri anggota DPR RI itu menyampaikan. Saya mengingatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, agar kebijakan penanganan pandemi Covid-19  untuk memperhatikan anak-anak yang terdampak. Anak yang kehilangan orang tuanya harus terjamin pendidikannya, kesehatan, polah asuh dan kebutuhan dasar lainnya.

Kementerian terkait dan pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten/Kota untuk dapat bersinergi secara jelas dan berkesinambungan dalam membuat kebijakan dan program demi penyelamatan anak Indonesia.

“Memang ini bukan perkara mudah, tapi saya yakin dengan kesadaran kita semua untuk menyelamatkan satu generasi Inysaallah kita bisa dan ini misi suci yang bernilai ibadah” Tutup Eva Susanti Senator yang banyak peduli UMKM

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *