by

Jafri Sani Tokoh LSM Pengacara Rakyat Tutup Usia, Ini Kata Mereka dan Rekam Jejaknya

-Sumsel-894 views

Radarsumsel.com — Palembang. Jafro Sani, SH pendiri lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Putra Sriwijaya kini telah berpulang ke rahmatuAllah, tepat di bulan Sakban, Selasa 6 April 2021 Ia mengehembuskan nafas terahir di Rumah Sakit Bari Palembang karena sakit.

Jafro Sani sosok tokoh yang konsisten bergelut di organisasi kemasyarakatan sekaligus juga sebagai pengacara, hampir separuh usianya dihabiskan dalam dunia advokasi masyarakat dengan bergabung di berbagai ormas dan LSM; Pendiri LSM Putra Sriwijaya, pendiri Barisan Pemantau Pajak, pendiri Badan Musyawarah Masyarakat Ogan Ilir (Bamukoi), Aktif di Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GN-PK).

Dr.Hilmin, M.Pd. salah satu rekan dan kader Jafro Sani menceritakan. Saya banyak belajar dengan Kando Jafro beliau adalah guru saya. Dua tahun saya dididik oleh Kak Jafro tentang ilmu LSM dan pendampingan masyarakat. Saat itu saya masih menjadi mahasiswa aktivis kampus, kami bersama almarhum mendampingi masyarakat Desa Tanah Abang Kec.Muara Kuang Kab.OI masalah sengketa tanah masyarakat yang diserobot oleh perusahaan. Kemudian pendampingan lahan masyarakat di Air Sugian Kab.OKI.

“Kak Jafro itu orangnya konsisten dalam memperjuangkan hak-hak rakyat dan ikhlas dalam berbuat dengan orientasi segala yang dilakukan untuk ibadah, beliau orangnya humble dalam bergaul, berteman mulai dari pejabat sampai orang biasa” Tutur Hilmin

Almarhum juga sosok yang sangat religius, juga pendekar yang disegani dari perguruan seni bela diri Dikapa Sita, saya juga didik oleh beliau dalam menjalankan agenda perjuangan rakyat, kita harus kuat secara pikir dan ilmu pengetahuan (intelektual dan rasionalitas), lalu membentengi diri dengan do’a (spiritualitas) agar ada rasa percaya diri menjadi modal dalam bergerak. Ungkap Hilmin mantan Anggota DPRD Ogan Ilir.

Lebih lanjut Hilmin menceritakan, “saya diajari secara tuntas oleh Kak Jafro mendirikan LSM Gerakan Pemuda Anti Korupsi (GP-AK) yang sampai saat ini masih tetap eksis LSM itu”.

Saya merasa kehilangan dengan meninggalnya Kak Jafro, almarhum orang baik, inspirasi bagi anak muda, konsisten dalam menjalankan nilai-nilai perjuangan yang benar. Semoga Almarhum diterima segala amal ibadahnya, diampuni segala khilaf dan dosanya, mendapatkan nikmat kubur sampai ditempatkan di surganya Allah. Tutup Hilmin. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *