by

Eva Susanti Senator Sumsel, Perjuangkan Pembangunan Wisata dan Industri Kecil Ke Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif

-Sumsel-465 views

RadarSumsel.com–JAKARTA. Rapat kerja komite III Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) bersama kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparkraf RI) melalui Daring yang dipimpin oleh ketua Prof. Dr. Hj.Sylviana Murni, SH.,MSi, kesempatan ini dijadikan ajang penyampaian aspirasi masyarakat oleh senator dapil Sumatera Selatan (Sumsel) Hj. Eva Susanti.

Rapat berlangsung cukup hangat dengan mitra kerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan juga Kementerian Agama RI, berjalannnya diskusi pemaparan program kerja kementerian dan tanggapan serta aspirasi dari anggota DPD RI Komite III. Senin, 29/03/2021

Pada kesempatan menyampaikan tanggapan Eva Susanti mengatakan “Dalam situasi pandemi Covid-19 ekomomi masyarakat belum pulih dengan baik, saya telah berkeliling di  Sumsel, banyak keluhan dari kelompok usaha kecil masyarakat yang tutup atau bangkrut,  sedangkan bantuan pemerintah belum dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat bawah”.

Senator yang peduli dengan UMKM itu menambahkan. Saya berharap ada kebijakan dan langkah kongkrit dari kementerian pariwisata, terkhusus bidang ekonomi kreatif untuk dapat memberikan stimulus modal usaha dan mendongkrak geliat ekonomi di masyarakat menengah ke bawah, setiap kali turun ke dapil dipastikan saya mendatangi kelompok pengusaha kecil dengan membeli produk meraka dan memberikan bantuan modal usaha.

“Saya pikir situasi sulit di tengah masyarat harus kita bergotong royong beri solusi nyata, saya menyarankan agar potensi pembangunan wisata baru yang ada di seluruh indonesia, khusnya di Sumsel untuk diberikan dana pendampingan bagi pemerintah daerah agar ada geliat ekonomi, masyarakat usaha pengrajin diberikan akses pemasaran, agar tumbuh kembali pedagang kecil yang ada di tempat-tempat wisata” Tegas Eva Susanti

Ditengah rapat berlangsung Eva Susanti juga mengusulkan, agar ada bantuan dana hibah untuk pembangunan atau pemugaran gedung museum Balaputra Dewa Provinsi Sumsel, museum salah satu potensi wisata yang harus kita kembangkan, tentu ke depan harus ada sinergisitas program pusat dengan daerah provinsi terkait memaksimalkan museum dan wisata, terkhusus ada alokasi pendanaan yang cukup untuk biaya perawatan benda-benda sejarah.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Uno dalam jawabannya di saat rapat mengatakan “saya sangat berterimakasih atas masukan, saran dan kritik yang produktif dari anggota DPD RI Komite III, tentu saran ini akan kami tindak lanjuti sebagai bentuk keseriusan kami dalam bekerja, kami dari kementerian sangat selaras dan sejalan dengan saran, masukan dari anggota DPD RI”

Saat ini kami telah menjalankan agenda pemulihan ekonomi masyarakat, terus mengalakkan dan mengkampanyekan pembukaan objek wisata di seluruh indonesia, tujuannanya agar ekonomi cepat bangkit dan masyarakat dapat menikmati manfaatnya. Ujar Sandiaga Uno     

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *