by

Pemkot Palembang Bakal Bangun Jembatan ke Pulau Kemaro

-Sumsel-773 views

RadarSumsel.com. Palembang – Pulau Kemaro merupakan delta di Sungai Musi menjadi tempat perayaan Cap Go Meh tiap tahun baru Imlek. Pulau seluas 30 hektar itu selalu dipadati wisatawan mancanegara setiap tahun. Demi mendukung kegiatan keagamaan warga keturunan Tionghoa itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melakukan pembenahan dan membangun akses darat.

Sebelumnya. setiap orang yang ingin mengunjungi Pulau Kemaro harus menumpang kapal dari pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, mengarungi Sungai Musi sejauh enam kilometer.

“Selain jalur sungai, kita upayakan ke sana lewat jembatan, nanti akan dibangun. Aksesnya bisa dari lLingkar Timur Luar, Bandara, dan Kebun Sayur, kurang lebih jaraknya 25 kilometer,” kata Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, Jumat (12/2/2021).

Selain untuk mengembangkan destinasi wisata di Bumi Sriwijaya, pembangunan akses darat sebagai bentuk penghargaan bagi masyarakat keturunan Tionghoa agar lebih mudah saat beribadah.

“Kita juga mengejar target pembangunan infrastruktur, selain menunjukkan toleransi bagi warga keturunan Tionghoa,” kata dia.

Pemkot Palembang juga berupaya mengundang para investor dan perusahaan, baik BUMN, BUMD, dan swasta, membantu pendanaan pembangunan Pulau Kemaro. Sedangkan dari APBD Palembang, nantinya juga akan digunakan sesuai kemampuan.

“Investor kami ajak untuk berinvestasi, karena sayang kalau tempat yang melegenda ini tidak dimanfaatkan. Sejauh ini sudah ada pembicaraan dengan investor yang ingin berinvestasi,” jelasnya.

Harnojoyo melanjutkan, pihaknya juga berencana  membersihkan pinggiran kawasan tersebut. Termasuk wacana penambahan fasilitas bungalow untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Luasnya (Pulau Kemaro) ini ada kurang lebih 30 hektar, Insya Allah pengerjaan akan selesai di tahun 2023,” tandas dia.

Berita ini telah tayang di www.sumsel.idntimes.com dengan judul “Palembang Bikin Akses Jalur Darat ke Pulau Kemaro.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *