by

15 Resolusi Tahun Baru 2021 yang Inspiratif dan Cara Mencapainya

RadarSumsel.com – Sepanjang tahun, berbagai peristiwa silih berganti mampir di hidupmu. Mulai dari dapat pekerjaan baru, hingga putus dari pasangan barangkali?

Tak masalah soal manis atau pahit yang kamu alami, kini saatnya beranjak dan menatap tahun yang baru.

Agar hidupmu ‘naik’ ke level yang berikutnya, tentu butuh kerja keras, kepercayaan diri serta konsistensi.

Satu hal yang lebih penting, yaitu kamu harus punya tujuan jelas. Untuk itu lah, setiap tahun kamu wajib punya resolusi tahun baru yang ingin dicapai dalam hidup.

Nah, berikut ini beberapa resolusi tahun baru yang inspiratif dan cara untuk mewujudkannya!

Resolusi di Tahun 2021

1. Belajar Memasak

Memasak adalah salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki setiap orang baik pria maupun wanita. 

Memasak makananmu sendiri memungkinkan kamu untuk menghemat uang, makan makanan yang lebih sehat, dan mengesankan pasanganmu dengan makanan buatanmu sendiri. 

Awali tahun yang baru dengan belajar memasak. Kamu bisa mulai memasak makanan yang sederhana seperti pasta dengan menyontek resep dari internet atau buku masak.

2. Bertemu dengan Orang Baru

etika kita terjebak dalam kebiasaan, kita biasanya berakhir di rumah hampir sepanjang waktu, kehilangan banyak kesempatan menarik untuk membangun relasi dan bersenang-senang. 

Bertemu orang baru dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dan membantu meningkatkan relasi kamu, jadi jangan takut untuk keluar dan mencari beberapa teman.

Atasi rasa malu kamu dan dapatkan pengetahuan dan pengalaman dengan berkenalan dengan orang-orang baru yang akan memberikan hal positif ke hidup kamu.

3. Tidur Lebih Cepat dan Lebih Berkualitas

Kurang tidur dapat membuat kamu jadi sering cemas, mudah marah, dan tidak fokus di keesokan harinya.

Sebaliknya, tidur malam lebih cepat sekitar jam 10 sampai 11 malam dapat memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat lebih baik dan terhindar dari risiko gangguan kecemasan atau sikap mudah marah.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar bisa tidur lebih cepat. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah mematikan gadget atau tidak menonton apapun satu jam sebelum tidur. Gunakan satu jam ini untuk relaksasi di tempat tidur tanpa ada distraksi apa pun.

4. Berhenti Menunda Pekerjaan

Hambatan terbesar yang membuat kebanyakan orang tidak dapat mencapai tujuan mereka adalah keinginan untuk bersantai dan melakukan sesuatu yang menyenangkan daripada bekerja keras.

Untuk menghindari menunda-nunda pekerjaan, kamu bisa mulai untuk mencatat segala kegiatan kamu dan buatlah tenggat waktu yang realistis untuk menyelesaikan setiap kegiatan yang ada di daftar itu.

Jangan lupa untuk menjaga diri kita dalam mentalitas yang positif. Pikirkan tentang cara ampuh dalam memotivasi diri sendiri untuk terus membuat kemajuan.

5. Berjalan Kaki Minimal 30 Menit Setiap Pagi

“Lebih rajin berolahraga” mungkin sudah menjadi daftar resolusi kamu setiap tahun, tetapi bagi kebanyakan orang resolusi ini hanya menjadi tulisan saja dan tidak benar-benar dilaksanakan. 

Semakin spesifik resolusi kamu, semakin besar juga kemungkinan kamu untuk benar-benar melakukannya. Jalan kaki adalah latihan yang bagus untuk kamu yang ingin memulai olahraga. 

Berjalan kaki selama 30 menit setiap pagi merupakan olahraga yang mudah, gratis, dan merupakan cara yang menyenangkan untuk membuat kamu tetap aktif dan sehat. 

6. Raih Tubuh Ideal

Siapa yang ingin berat badannya berkurang di tahun yang baru? Biasanya para cewek menuliskan hal ini sebagai resolusi mereka. Daripada obsesi pada badan kurus, mending wujudkan badan yang lebih sehat aja!

Caranya dengan rutin berolahraga dan perbaiki pola makan. Kalau pergi ke gym terasa mahal, cobalah berlari mengelilingi komplek rumah atau terapkan gerakan yoga yang tutorialnya bisa kamu lihat dari internet.

Jangan lupa perbanyak makan sayur dan minum air putih, serta ganti camilan yang lebih sehat.

7. Waktu yang Tepat untuk Menikah?

Selain butuh pacar, kamu juga perlu tabungan yang memadai untuk menikah. Sudah mulai mengumpulkan uang sejak tahun ini?

Kalau belum, tandanya kamu harus kejar setoran! Penting juga buatmu untuk mengajak pasangan berikut kedua keluarga untuk berembuk, pesta pernikahan seperti apa yang ingin digelar.

Setelah mematangkan konsep, tentukan estimasi biaya untuk mewujudkannya. Kalau bujetmu terbatas, jangan gengsi untuk adakan acara syukuran yang sederhana.

Adakan acara di rumah, kerahkan tetangga dan anggota keluarga untuk memasak sajian pesta, dan undang orang-orang terdekat saja. Kalau mau nyentrik, cukup lakukan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) saja. Gratis, lho!

8. Punya Rumah dan Mobil Sendiri

Bagi yang sudah memiliki penghasilan tetap, jangan sampai uang menguap begitu saja. Jika gajimu sudah berlebih, enggak ada salahnya kalau kamu beresolusi menyicil mobil atau rumah.

Tapi, sebelum memulainya, cari tahu lebih dulu mengenai lembaga penyelenggara kredit terpercaya. Nggak ada salahnya juga mempertimbangkan, ingin kredit atau beli second?

Yang pasti, kamu juga harus tetap bisa menyisihkan uang lebih untuk menabung demi masa depan.

9. Traveling ke Tempat Impian

Ini, nih yang sering jadi resolusi anak muda zaman sekarang! Apalagi kalau bukan pelesiran? Bicarakan cuti dengan rekan setim dan atasan dari sekarang. Pilih destinasi yang kamu inginkan.

Jika ke luar negeri, pastikan paspormu aktif, ya! Berhati-hatilah karena beberapa negara memberlakukan larangan masuk bagi pelancong dengan paspor yang memasuki masa tenggang.

Paling penting, siapkan tiket perjalanan dan pesan hotel dari jauh hari. Biasanya harga tiket pesawat akan lebih murah jika dipesan, minimal enam bulan sebelum keberangkatan.

10. Hasilkan Lebih Banyak Uang

Memang yang namanya manusia tidak akan pernah merasa cepat puas terhadap apa yang dimilikinya sekarang, termasuk soal pendapatan.

Meski begitu, jika kamu ingin menaikkan taraf hidup lebih tinggi lagi, tidak ada salahnya. Tapi, bagaimana caranya mendapatkan pendapatan yang lebih dari yang sekarang?

Ada banyak cara tepat yang bisa kamu lakukan. Mulai dari bekerja keras di kantor untuk mendapatkan promosi dan naik jabatan, mencari pekerjaan sampingan maupun freelancer, hingga mulai merintis usaha sendiri bermodalkan internet.

11. Melakukan Perubahan

Perubahan adalah sesuatu yang berat untuk dijalani saat pertama kali. Misalkan, kamu punya kebiasaan datang telat ke kantor dan ini telah terjadi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Mulai tahun depan, buang kebiasaan buruk itu. Dan mulai sekarang juga untuk membiasakan diri tepat waktu. Bukan, hanya berangkat ke kantor, tapi kamu juga bisa menerapkannya ke berbagai hal di kehidupan.

Percayalah, dengan membuang kebiasaan buruk satu per satu, kamu akan merasakan kenikmatan hidup yang tak terduga.

12. Membaca Lebih Banyak Buku

Ada pepatah mengatakan bahwa “buku adalah jendela dunia.” Mengapa dibilang demikian?

Karena dengan buku, kamu bisa ‘membuka’ cara berpikirmu menjadi lebih luas lagi dan menyadari bahwa dunia itu sebegitu besarnya.

Semakin banyak yang kamu ketahui, maka saat itulah kamu akan lebih terbuka akan berbagai macam kemungkinan dalam menjalani kehidupan.

13. Fokus Menabung dan Investasi

Kondisi keuangan yang sehat adalah di mana kamu memiliki jumlah tabungan yang lebih banyak dibandingkan pengeluaranmu. Dengan tabungan yang terkontrol, kamu akan siap ‘menyambut’ cerahnya masa depan.

Selain menabung di bank konvensional, kamu juga bisa memulai investasi di tempat yang terjamin dan terpercaya, seperti contohnya reksa dana.

14. Belajar Bahasa Asing

Ada berapa banyak bahasa yang ada di dunia ini?

Penelitian menyebutkan bahwa ada sekitar 7.000 bahasa yang digunakan orang di seluruh dunia. Di Indonesia saja, diketahui ada sekitar 742 bahasa berbeda.

Coba kamu berpikir, apakah di seluruh hidupmu kamu hanya akan menguasai bahasa asal dan satu bahasa tambahan saja? Sangat disayangkan, bukan?

15. Menggeluti Hobi Baru

Bekerja hampir seminggu penuh dan rutinitas yang jenuh, hanya akan membuat kamu dekat dengan stres. Salah satu cara menghindarinya, yaitu dengan memiliki hobi.

Hobi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan antara dunia kerja dan kehidupan yang sesungguhnya.

Maka dari itu, pilihlah hobi lebih dari satu yang bisa menjauhkanmu dari perasaan stres dan me-refresh pikiranmu, agar lebih siap lagi menghadapi tanggung jawab pekerjaan.

Kamu bisa memilih hobi berolahraga seperti bermain sepak bola atau bola basket, melukis, naik gunung, bermain game, hingga traveling.


Jadi, resolusi tahun baru bukan lah sekadar wacana belaka. Melainkan suatu tujuan atau rencana hidup yang ingin kamu capai, agar menjadi manusia yang lebih menghargai hidup dan mencapai level yang berikutnya. Bagaimana kamu, sudah siap ?

berita ini telah diterbitkan ; https://www.tokopedia.com/blog/resolusi-tahun-baru-dan-cara-mencapainya/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *