by

Anggota DPRD Diduga Berijazah Palsu, FPPI Sumsel Ajak Kompolnas RI Awasi Proses Hukumnya

-Kriminal-72 views

RadarSumsel.com. PALEMBANG–Front Peduli Pendidikan Indonesia (FPPI) telah menemukan adanya dugaan pemalsuan ijazah yang dilakukan oleh oknum Anggota DPRD. Terkait dengan permasalahan tersebut M. Sigit Muhaimin selaku Koordinator FPPI telah mengajukan laporan terhadap pihak Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (POLDA SUSMEL) untuk segera menindak tegas dan memproses pelaku secepatnya.

Terkait temuan data dan laporan FPPI kepada pihak kepolisian mengenai ditemukannya indikasi pemalsuan izajah tersebut adalah termasuk kedalam Perbuatan Melawan Hukum (PMH) karena telah melanggar ketentuan uu nomor 20 tahun 2003 pasal 69 ayat 1 “Setiap orang yang menggunakan ijazah, sertifikat kompetensi, gelar akademik, profesi, dan/atau vokasi yang terbukti palsu dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

“kami telah melakukan audiensi dengan pihak POLDA SUMSEL, namun sampai saat ini tidak ada kejelasan dari pihak kepolisian untuk segera menindak tegas, kami takut akan adanya tebang pilih dalam proses hukum tersebut,” ujar M. Sigit Muhaimin, saat kami wawancarai di kediamannya. Jum’at (03/06/20)

Beliau menambahkan, “ bahwa tindakan yang telah dilakukan oknum tersebut telah membohongi rakyat dan Negara, sudah sepatutnya setiap anggota DPRD yang menjadi penyambung suara rakyat adalah orang yang kompetable dan transparan,” Sambung M. Sigit Muhaimin.

“Laporan indikasi penggunaan ijazah palsu oleh oknum anggota DPRD yang dilayangkan sajauh ini belum ada kejelasan penanganan oleh POLDA SUMSEL dengan nomor laporan STTTLP/667/VIII/2019/SPTK” Ujarnya

Maka dari itu FPPI mengajak KOMPOLNAS RI untuk ikut terlibat dalam pengawasan kasus ini karena tidak adanya kejelasan tindakan dari pihak kepolisian sampai sejauh ini terkait laporan dugaan penggunaan ijazah palsu yang dilayangkan ke Polda Sumsel, M. Sigit Muhaimin menyampaikan hal ini tidak sejalan dengan Slogan POLRI “kami siap melayani anda dengan cepat,tepat transparan, akuntable” tutupnya. (yi) *(cy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *