by

Hj. Eva Susanti Anggota DPD RI, Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Pandemi Covid 19 Perkuat Kepedulian Bersama

-Sumsel-188 views

RadarSumsel.com–PALEMBANG. Hj. Eva Susanti Anggota DPD RI Dapil Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan; Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Dalam acara dihadiri oleh elemen tokoh masyarakat, pemuda, aktivis mahasiswa yang ada di Kota Palembang pada hari Sabtu 27/06/2020.

Eva Susanti dalam penyampaiannya mengatakan, bahwa pelaksanaan sosialisasi empat pilar ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh anggota MPR setiap tahun minimal empat kali dalam rangka memupuk benih semangat Nasionalisme dalam jiwa masyarakat agar memahami arti berbangsa dan bernegara.

Kondisi pandemi Covid 19 merupakan tantangan bagi kita semua dalam menjaga stabilitas berbangsa dan bernegara. Negara harus hadir ditengah masyarakat untuk melindungi segenap jiwa raga dalam artian negara wajib membuat kebijakan dan langkah nyata dalam mengurus warganya agar tidak terkena korban Covid 19 dan menangani dampak sosial, ekonomi, satabilitas kemanan, kepastian dalam layanan kesehatan serta layanan publik lainnya. Jelas Eva Susanti Anggota DPD RI Komite III.

foto bersama peserta acara sosialisasi empat pilar

Lanjut Eva Susanti “Begitupun juga warga negara punya kewajiban mentaati aturan yang telah ditetapkan pemerintah dalam menghadapai situasi Pandemi Covid-19, misalnya kita tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah diatur oleh pemerintah dengan menjaga jarak, sering mencuci tangan, dan lain sebagainya”

Disinilah tidak dapat dipisahkan peran negara dan warga negara untuk dapat menjaga kedaulatan dan stabilitas berbangsa dan bernegara. Dapat kita makanai bahwa tegak Negara dengan Pilar Pancasila sebagai pedoman nilai yang luhur bagi kita warga negara dan pegangan nilai penyelenggara negara, karena dari pancasila inilah terkandung nilai ketuhanan, kemanusian, persatuan, permusyawaratan, keadilan sosial. Jika lima sila ini telah kita jalankan maka sampailah pada kesempurnaan dalam berbangsa dan bernegara.

Undang-undang Dasar 1945 merupakan dasar konstitusi kita semua, pada umumnya lini kehidupan berbangsa dan bernegara tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika ini semua merupakan cita-cita luhur yang akan menjaga kedaulatan Negara dari serangan dalam negara dan dari luar. Ujar Eva Susanti perempuan berparas cantik itu

Lebih dari itu, Eva Susanti yang akrab disapa Yuk Eva menambahkan, nilai kepedulian dan rasa saling membantu sesama kita di tengah Pandemi Covid 19 haruslah kita terapkan kepada keluarga dekat, tetangga, masyarakat sekitar agar saling membantu karena dampak dari Covid 19 cukup memukul seluruh sektor kehidupan, banyak yang diputus hubungan kerja (PHK), usahanya mandiri menjadi tutup, serta kesulitan ekonomi lainnya.

“Saya cukup inten dalam mengawal masyarakat korban Covid 19 di Sumsel, cukup banyak pengaduan yang masuk ke saya atas penanganan Swab Covid 19, pelayanan rumah sakit yang seakan tidak ada kepastian dalam standar pelayanan maka itu saya membuka pengaduan bagi masyarakat korban Covid. Karena tugas saya adalah mengawasi kerja pemerintah dan memastikan masyarakat terlayani dengan baik karena inilah hakikat fungsi negara melindungi segenab warga negaranya” Ucap Eva yang tampak haru dalam penuturannya.

Empat pilar kebangsaan; Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika merupakan pandangan dan pedoman yang sudah final dan tidak perlu kita perdebatkan lagi, yang terpenting tugas kita semua adalah menerapkan nilai-nilai luhur dan menjalankan amanah dan perintah yang terkandung dalam empat pilar tersebut. Tutup Eva

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *