by

25 Tokoh Kandidat Ramaikan Pilkada Ogan Ilir 2020, Direktur Nusantra Institute Adison : Demokrasi Hidup, Ogan Ilir Tidak Krisis Tokoh

Radar Sumsel.com- INDRALAYA- Perhelatan Pilkada serentak tahun 2020  akan digelar pada 23 September 2020 mendatang. Secara Nasional ada 270 Daerah yang akan melaksaakan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Kabupaten Ogan Ilir merupakan satu diantara 7 Kabupaten kota di Sumsel yang akan melaksanakan pesta akbar 5 tahun tersebut. Bermacam latar belakang tokoh yang digadang-gadang akan ikut meramaikan konstelasi politik dibumi berjuluk caram seguguk itu. Mulai dari kalangan politisi, birokrat, Pengusaha, tokoh agama hingga tokoh pemuda.

Berdasarkan pantauan dari Radar Sumsel.com (tracking media) dalam satu bulan terakhir ini setidaknya 25 nama tokoh  yang dikabarkan akan maju baik sebagai calon Bupati mapun  Wakil Bupati.

Berikut nama-nama tokoh tersebut :

1. Ilyas Panji Alam (Petahana)
2. AW. Nofiadi (Putra Wagub Sumsel Mawardi)
3. Endang PU Ishak (Ketua DPD  Golkar Ogan Ilir)
4. Rusdi Tahar (Ketua DPD PAN Ogan Ilir)
5. Suharto (Ketua DPRD Ogan Ilir Fraksi Golkar)
6. Muslih Qori ( Kader PPP)
7. Iklim Cahya ( Ketua Bekarya Ogan Ilir)
8. Muslim (Mantan Birokrat)
10. M. Alki Ardiansyah ( Putra Bupati OKI Iskandar)
11. Hilmin ( Mantan DPRD OI / Tokoh Pemuda )
12. M. Iqbal Romzi ( Mantan DPR RI Fraksi PKS)
13. Ardhani ( Birokrat Pemprov Sumsel)
14. Muhsin Abdullah ( Birokrat Ogan Ilir)
15. Herman ( Sekda Ogan Ilir)
16. M. Sobli ( Mantan Sekda Ogan Ilir)
17. Ahmad Syafei ( Ketua Nasdem Ogan Ilir)
18. Panca W.Akbar (Putra Wagub Sumsel Mawardi)
19. Kanoviyandri Rasyid ( Pengusaha / DPRD Provinsi Fraksi Demokrat)
20. Zaitun Mawardi (Putra Wagub Sumsel Mawardi)
21. Hensyi Fitriansyah ( Wartawan / Kader PSI )
22. Ust. Mudrik Qori (Pimpinan PP Al-Itifaqiah)
23. Ust. Tol’at Wafa (Pimpinan PP Raudatul Ulum)
24. Arhandi ( Mantan DPRD Fraksi PAN)
25. Aspar ( Kader Golkar )

Menanggapi banyaknya para tokoh yang akan maju tersebut. Direktur Eksekutif Nusantara Institute Adison mengatakan proses Demokrasi di Ogan Ilir berjalan dengan baik.

“Dengan banyaknya calon yang akan maju, itu artinya proses demokrasi yang ada di Ogan Ilir berjalan cukup baik. tidak seperti di daerah-daerah lain yang mengalami krisis tokoh”. Ujar Adison

Lebih lanjut Adison menambahkan “Kita ambil 3 positifnya ya:

Pertama setidaknya dengan banyaknya tokoh yang akan maju, Ogan Ilir tidak kekurangan para tokoh. Proses demokrasi akan menjadi hidup karna tidak dihegemoni oleh satu atau dua kelompok, atau orang-orang itu saja.

Kedua dengan banyaknya tokoh yang akan maju tentu pilihan masyarakat kita juga akan menjadi lebih bervariasi dan beragam.

Ketiga dengan banyak calon yang akan maju, maka proses kampanye pilkada akan menjadi lebih stabil karena gesekan para pendukung biasanya lebih cenderung sedikit berbeda jika kompetisi dilakukan dengan head to head dua pasangan. Selain itu juga para kandidat akan berlomba-lomba menampilkan dan menawarkan yang terbaik. Ungkap Adison yang juga pernah menjabat sebagai koordinator Indikator Politik Areal Sumbagsel

Terkait dengan prediksi berapa pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada Ogan Ilir nanti, Adison menuturkan secara komposisi perolehan kursi DPRD Ogan Ilir memungkinkan 4 pasangan calon. Meskipun hari ini baru dua tokoh yang diprediksi kuat akan maju, ya kita berharap tidak dua pasanganlah. Dinamika politik itu pasti, Kita lihatlah nanti. saya ini bukan dukun peramal. Tutup Adison sambil tertawa

(**AR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *