by

Survei AW. Nofiadi Unggul, Direktur LPI : “Biasa Saja, Waktu Pilkada Masih Panjang, Semua Kandidat masih berpeluang sama”

Radar Sumsel. Palembang_Beredar dimedia Sosial maupun Berita Online tentang rilis hasil survei dari Charta Politika terkait Pilkada Kabupaten Ogan Ilir 2020.

Hasil Survei tersebut menunjukan jika dilakukan simulasi head to head antara pasangan AW. Noviadi –Ardhani dengan Pasangan Ilyas Panji Alam dengan beberapa nama cawabubnya, maka pasangan AW.Noviadi-Ardhani unggul telak dari pasangan incumbent Ilyas Panji Alam dengan rentang selisih yang cukup mencolok, mulai dari 18% sampai dengan 22%.

Survei tersebut dilakukan pada Bulan Desember tanggal 18-22 Desember 2019 yang lalu dengan melibatkan 400 responden dan margin of eror 4.9% dan tingkat kepercayaan 96%.

Menanggapi hasil rilis survei tersebut Direktur Lembaga Survei LPI Zainul Rifqi mengatakan tidak ada yang luar biasa dari hasil survei tersebut, biasa sajalah. belum bisa dijadikan patokan kemenangan, karena perhelatan Pilkada masih cukup panjang, masih menyisakan waktu 9 bulan lagi.

Di pilkada-pilkada sebelumnya kita banyak melihat ada tokoh yang cukup populer dan tinggi elektabilitasnya tetapi pada saat perhitungan suara ditingkat TPS justru gagal terpilih. Contohnya Dipilkada Ogan Ilir sendiri pada tahun 2015 yang lalu. Ada satu lembaga nasional yang pada saat itu rilis hasil survei menyebutkan salah satu tokoh unggul telak sampai dengan kemenangan selisih 40%, tetapi pada perhitungan suara justru gagal terpilih, dan bahkan tingkat selisih kekalahannya sampai diatas 10%. Ujar Zainul

“sekarang waktunya masih cukup panjang, pendaftaran KPU saja belum dibuka, para tokoh kandidat juga masih berjuang ditingkat parpol dan sosialisasi juga begitu gencar dilakukan. Politik itu dinamis, jangan uforia yang berlebih-lebihanlah, apalagi jumawa mengatakan diri kita pasti menang. setiap tokoh kandidat mempunyai peluang yang sama untuk menang. Ungkap Zainul

“Dari temuan survei itu, menjadi warning penting bagi petahana Ilyas Panji Alam, karena Ilyas sudah cukup banyak waktu yang ia gunakan dalam menunjukkan kinerjanya kepada rakyat” Tutur Zainul yang juga putera daerah Ogan Ilir.

Terkait dengan keabsahan hasil survei Charta Politika tersebut, Zainul mengatakan tidak ada yang salah dan masalah. Survei itu penting dilakukan, hasil survei sangat beharga bagi seorang kandidat dan timnya dalam memetakan pemenangan.

Setiap lembaga survei mempunyai metodenya dan ciri khasnya masing-masing dalam pengambilan data dilapangan. Yang penting bisa dipertanggung jawabkan. Sebaik apapun metode penelitian survei jika petugas (surveyor) dalam wawancara pengambilan data asal-asalan, tidak objektif maka hasil surveinyapun akan fatal.

(**NR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *