by

Bahaya! Malas Berpikir Berisiko Serangan Jantung Hingga Pada Kematian

-Kesehatan-61 views

Radar Sumsel Malas berpikir tak jarang dialami oleh banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa bila kebiasaan ini sering dilakukan ternyata dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Sebuah penelitian terkini di Leiden University Medical Centre di Belanda menemukan ada hubungan antara fungsi otak dan penyakit jantung.

Penelitian yang melibatkan hampir 4.000 orang tersebut menemukan bahwa kemampuan berpikir yang buruk bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Peneliti utama, Dr Behnam Sabayan mengatakan, tes dengan skor terendah memungkinkan penyakit jantung hingga 85 persen dan stroke hingga 51 persen.

“Untuk sementara hasil penelitian ini menekankan, fungsi kognitif harus menjadi bagian dari eveluasi risiko kardiovaskular di masa depan,” katanya.

Selama penelitian, para peneliti mencatat 375 orang mengalami serangan jantung dan stroke 155 orang.

Temuan yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Neurology ini mencatat, penyakit pembuluh darah di otak berhubungan erat dengan penyakit pembuluh darah di jantung, inilah yang menjadi penyebab nilai tes yang rendah dapat memprediksi risiko serangan jantung.

“Kami mengakui bahwa meskipun risikonya kecil, tapi hasilnya signifikan secara statistik,” jelasnya. Jadi, mulai sekarang Anda jangan malas berpikir bila ingin terhindar dari risiko tersebut. (Mirror) Artikel ini telah ditayangkan oleh https://www.suara.com/health dengan judul “Ini Bahayanya Kalau Malas Berpikir”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *