by

IRIADI CALON BUPATI, SOLOK ADALAH JIWA DAN RAGAKU

-Politik-201 views

Radar Sumsel, Palembang – Iriadi Dt Tumanggung calon Bupati Kabupaten Solok semakin menguat di mata publik. Visi dan Misi selaras dengan harapan masyarakat Solok selama ini, seakan ada harapan baru bagi masyarakat dengan kehadiran Iriadi sebagai bakal calon Bupati di Pilkada 2020.  

“Saya punya gagasan dan konsep Solok kedepan harus lebih baik dan kembali ke jati dirinya Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah selanjutnya, Kita ingin Bersama Membangun Pertanian Moder, Pariwisata menuju masyarakat Sejahtera dan Religius” tegas Iriadi yang saat ini menjabat Sekretaris Bawaslu Provinsi Sumatera Selata, Senin (2/12/2019).

“Kita akan canangkan gerakan kembali ke surau yang mengandung pesan pentingnya surau sebagai pusat pembentukan karakter dan pendidikan dini. Maka itu fasilitasnya harus disediakan secara merata dan memadai. Di samping tempat anak-anak mengaji, Surau nantinya akan dilengkapi dengan perpustakaan yang dapat membuka cakrawala masyarakat khususnya kalangan generasi muda,” ujar Iriadi yang kelahilan Selayo Solok ini.

Lebih lanjut Iriadi yang bergelar Dt Tumanggung ini menjelaskan. Saya terpanggil untuk kembali ke tanah kelahiran, karena tanah air solok adalah jiwa dan raga ku, saya telah memintak pendapat dan saran dari para tetuah adat dan tokoh masyarakat, mereka meminta saya maju di Pilkada 2020 nanti. Bagi saya ini adalah panggilan suci untuk dilaksanakan.

Solok punya akar budaya yang kuat untuk kita pertahankan di tenga arus gelobalisasi, lebih dari itu potensi pertanian dan persawahan adalah anugrah Allah untuk kemakmuran rakyat, tentu itu semua harus dikelolah dengan campur tangan pemerintah adanya kebijakan regulasi dan supporting anggaran yang cukup untuk perkebunan dan persawahan. Ujar Pria yang telah kawakan di birokrasi pemerintahan.

Menurutnya, negara-negara maju saat ini telah meninggalkan pola pertanian tradisional. Ditambahkan, banyak aspek yang bisa efisiensi seperti penggunaan lahan sempit yang bisa menghasilkan maksimal serta waktu panen yang relatif lebih singkat. “Pada akhirnya, pola pertanian modern ini diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Jika dirinya dipercaya menakhodai Kabupaten Solok, Sumatera Barat mendatang banyak hal yang akan diprioritaskan. “Kita akan lobi Pemerintah Pusat untuk membangun sarana dan prasarana irigasi modern yang mampu memenuhi kebutuhan semua area persawahan yang ada, yang sangat penting lagi masalah irigasi yang dapat mengaliri air ke seluruh areal persawahan dan setiap tahun harus ada pembukaan atau peremajaan areal kebun atau sawah baru di solok,” ujarnya. Tak kalah pentingnya adalah membangun pabrik pengolahan hasil pertanian dalam satu kawasan terintegrasi seperti pabrik saus dalam kawasan pertanian tomat.

Yang menarik lagi bagi masyarakat program Iriadi soal pendidikan. Pendidikan adalah awal untuk kebangkitan masyarakat di masa akan datang, anak-anak solok yang berprestasi harus kita kirim untuk belajar di perguruan tinggi yang berkwalitas agar nantinya dapat kembali ke tanah kelahirannya membangun daerah. Tutup Iriadi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *